10 Makanan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
Advertisements
Ilustrasi

Jurnalsulteng.com- Kolesterol, atau lemak dalam darah, diperlukan untuk produksi hormon dan fungsi membran.

Pola makan yang benar akan membuat kadar kolesterol dalam darah terkontrol. Namun jika kolesterol tinggi, Anda berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga:

Berikut, menurut Times of India, makanan berkolesterol tinggi yang harus dihindar jika Anda peduli dengan kesehatan.

kuning Telur

Advertisements

Menurut healthaliciousness.com, kuning telur adalah makanan paling banyak mengandung koleksterol, dengan 1.234 miligram per 100 gram porsi, atau 411 persen nilai harian.

Kuning telur tunggal memberikan 210 miligram koleksterol. Telur utuh memberikan sedikit lebih banyak, yaitu 212 miligram. Jadi, semua kolesterol di dalam telur terdapat di kuning telur.

Jadi, jika Anda mengkonsumsi kuning telur di pagi hari, hindari mengkonsumsi burger keju saat makan siang.

Hati
Kolesterol juga terdapat dalam hati binatang apa pun. Hati mengandung 564 miligram kolesterol per 100 gram atau 188 persen dari nilai harian.

American Heart Association menulis kebutuhan kolesterol orang dewasa sehat aalah 300 miligram. Tiga ons hati memberikan 331 miligram kolesterol.

Mentega
Memasuki pertengahan 1980-an, mentega menjadi makanan biasa di masyarakat perkotaan di Indonesia. Sebelumnya, mentega hanya digunakan untuk membuat kue pada hari raya keagamaan.

Seratus gram mentega dalam kemasan mengandung 215 miligram kolesterol. Satu sendok makan mentega mengandung 30 miligram, atau sepuluh persen nilai harian.

Udang
Seratus gram udang berisi 195 miligram kolesterol. Udang besar tunggal mengandung 11 miligram, dan satu ons udang mengadung 55 miligram kolesterol.

Jika Anda memilih makanan laut yang direbut, kemudian digoreng, Anda akan mengkonsumsi kolesterol jauh lebih tinggi.

Ayam

Ayam adalah makanan daging rendah lemak, tapi cara masak yang berbeda akan membuat ayam menjadi makanan penyumbang kolesterol tinggi.

Advertisements

Satu kaki ayam, masih dengan kulit, memiliki lebih banyak lemak dan kolesterol dibanding secangkir es krim atau burger.

Kulit ayam menjadikan makanan ini berkolestorol tinggi dan harus dihindari.

Makanan Cepat Saji
   
Makanan cepat saji dikemas dengan kolesterol. Sebuah chip, telur, dan keju biskuit, memberikan 172 miligram per 100 gram porsi, atau 246 miligram kolesterol per biskuit.

Semua makanan tingan dan cepat saji ternyata menjadi makanan kolesterol tinggi, karena mengandung lemak trans.

Lemak trans adalah hasil penambahan hidrogen ke minyak nabati, yang banyak digunakan untuk memanggang dan menggoreng.

Keju
Keju adalah sumber protein vegetarian dan sumber kalsium yang baik. Keju juga tambahan lezat setiap hidangan.

Keju mengandung 123 miligram kolesterol untuk setiap 100 gram. Atau, 21 miligram per satu inci kubus keju.

Daging Olahan
Jumlah kolesterol dalam daging olahan sangat tergantung dari hewan potong yang digunakan, dan jumlah lemak yang ditambahkan selama pengolahan.

Daging domba dan itik mengandung kolesterol tinggi.

Burger Keju
Burger keju ukuran besar memiliki 175 miligram kolesterol. Jika Anda menambahkan kentang goreng, jumlah kolesterol yang masuk ke dalam tubuh Anda luar biasa besar.

Es Krim
Menurut everydayhealth.com, secangkir es krim memiliki lebih banyak lemak dibanding burger, serta lebih banyak mengandung kolesterol dibanding 10 donat.

Jadi, hindari es krim untuk mencuci mulut. Sebaiknya Anda mengambil buah segar, atau makanan rendah kalori tapi kayas serat, vitamin, dan nutrisi.[***]

Sumber: Inilah

Advertisements

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News