12 Fakta Menarik Jelang MotoGP Prancis

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Jurnalsulawesi.com – Gelaran balap MotoGP akan kembali dihelat pada Minggu 21 Mei 2017. Ajang adu balap motor kasta pertama ini sudah memasuki seri kelima dan akan digelar di Prancis.

Vinales akan memulai balapan dari pole position setelah pada sesi kualifikasi menjadi yang tercepat dengan, 1 menit 31,994 detik. Sedangkan Rossi di posisi dua dengan 1 menit 32,100 detik.

Baca Juga

Johan Zarco dari Tech3 Yamaha berada di belakang Rossi dengan 1 menit 32,229 detik. Marc Marquez akan memulai balapan dari posisi lima.

Para pembalap akan melakoni balapan di sirkuit Le Mans, yang memiliki panjang 4,2 km. Nantinya, Valentino Rossi dan pembalap lainnya akan melangsungkan balapan sebanyak 28 laps, atau setara dengan 117,2 km.

Dalam seri ini, Jorge Lorenzo memiliki catatan cukup baik dengan lima kali kemenangan. Pembalap Ducati tersebut terakhir kali menang pada musim lalu, saat masih membela Movistar Yamaha bersama Rossi.

Sedangkan Rossi sendiri meraih posisi kedua, disusul oleh Maverick Vinales di tempat ketiga. Sebelum menyaksikan sengitnya balapan, kita simak beberapa fakta menarik GP Prancis yang dirangkum dari situs MotoGP.

Berikut Fakta-fakta Menarik MotoGP Prancis:

  1. Le Mans sudah menyelenggarakan ajang grand prix dalam 29 kesempatan sebelumnya, termasuk GP “Vitesse du Mans” pada 1991, yang merupakan satu-satunya tahun di mana dua ajang grand Prix dihelat di Prancis pada tahun yang sama. Tahun ini adalah tahun ke-18 secara beruntun sirkuit Le Mans pernah menggelar ajang grand prix balap motor.
  2. Selain Le Mans, ada tujuh sirkuit lain yang pernah menggelar GP Prancis. Yakni, Paul Ricard (13 kali), Clermont-Ferrand (10), Nogaro (2), Reims (2), Rouen (2), Albi (1), Magny-Cours (1).

  3. Tujuh kemenangan di Le Mans, dengan yang terakhir diraih oleh Marc Marquez (Repsol Honda). Yamaha juga punya tujuh kemenangan MotoGP di Le Mans, termasuk dua tahun terakhir.

  4. Jorge Lorenzo (Ducati) merupakan rider dengan kemenangan terbanyak di Le Mans, setelah enam kali naik podium teratas di sirkuit Prancis itu; satu kemenangan di kelas 250cc plus lima kemenangan MotoGP.

  5. Di Le Mans tahun lalu, Jorge Lorenzo melewati garis finis 10,654 detik di depan Valentino Rossi.

  6. Hasil terbaik buat Ducati di sirkuit Le Mans adalah finis kedua buat Loris Capirossi di 2006 dan Valentino Rossi pada 2012.

  7. Dari 15 balapan MotoGP di Le Mans, sembilan dimulai dalam kondisi basah maupun sempat hujan dalam balapan.

  8. Johann Zarco adalah rookie di posisi teratas klasemen saat ini pada posisi enam. Ia juga punya poin terbanyak oleh seorang rider Prancis usai empat balapan semenjak 36 poin Randy de Puniet pada 2010.

  9. Di era MotoGP semenjak 2002, cuma ada enam rookie yang punya poin lebih banyak dari Zarco usai empat balapan awal musim: 2002 – Daijiro Kato, 2003 – Troy Bayliss, 2006 – Dani Pedrosa dan Casey Stoner, 2008 – Jorge Lorenzo, dan 2013 – Marc Marquez.

  10. Hasil terbaik oleh rider Prancis di Le Mans pada kelas MotoGP adalah posisi empat dari Olivier Jacque pada 2003. Sudah dua kali rider-rider Prancis naik podium di kelas 500cc di Le Mans; Raymond Roche kedua di 1985 dan Christian Sarron ketiga di 1987.

  11. Cuma ada empat rider yang meraih poin di seluruh empat balapan awal MotoGP 2017: Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3), Scott Redding (Octo Pramac Racing), dan Hector Barbera (Reale Avintia Racing).[***]

 

Source; Viva.co.id

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News