20 November Hari Anak Sedunia, Ini Sejarah dan Bedanya dengan Hari Anak Internasional

  • Whatsapp
Hari Anak Sedunia 2020. [Foto: Twitter @UNICEFIndonesia]
Bagikan Artikel Ini
  • 22
    Shares

Selanjutnya untuk memudahkan, peringatan ditetapkan setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Hingga saat ini, banyak orang yang turut memperingati setiap tanggal 1 Juni sebagai Hari Anak Internasional.

Selain itu, perbedaan Hari Anak Sedunia dengan Hari Anak Internasional terdapat pada sejarah yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga:

Sejarah di balik penetapan Hari Anak Sedunia oleh PBB adalah sebagai bentuk kepedulian PBB terhadap masalah yang berkaitan dengan hak-hak anak dunia. Seperti hak pendidikan, hak bermain, hak menerima kasih sayang, hak mendapatkan asupan nutrisi bergizi, dan hak lainnya.

Sedangkan Hari Anak Internasional, bertujuan mengurangi angka eksploitasi anak yang dipaksa atau harus bekerja lantaran tuntutan keadaan. Hari Anak Internasional semakin mendunia saat Turki meresmikannya pada tanggal 23 April 1929.

Serangkaian kegiatan dilaksanakan UNICEF untuk menunjukkan bahwa negara-negara anggota PBB menaruh perhatian khusus pada perkembangan dan perhatian untuk anak-anak.

Hari Anak Sedunia, dibuat untuk mengubah cara orang-orang memperlakukan anak mereka untuk menjadi lebih baik lagi. Khususnya yang berkaitan dengan kesejahteraan anak-anak. Dalam hal ini, kita harus sadar bahwa hak anak bukanlah hak spesial, melainkan hak dasar yang memang sudah seharusnya mereka terima.

Organisasi PBB yang menangani anak-anak, yakni UNICEF, setiap tahunnya merayakan peringatan Hari Anak Sedunia untuk menarik perhatian khusus mengenai hak-hak anak di dunia.

Peringatan Hari Anak Sedunia, bisa dilakukan dengan memberi mereka hadiah, mengikut sertakan anak dalam perlombaan, melakukan kegiatan menyenangkan atau diperbolehkan libur sekolah.

Untuk memperingati Hari Anak Seduni tahun ini, UNICEF mengambil tema “A day to reimagine a better future for every child”

Tema ini, berarti satu hari yang dipakai untuk membayangkan atau membentuk kembali masa depan yang lebih baik untuk setiap anak. Hari Anak Sedunia juga sebagai hari aksi tahunan UNICEF untuk anak-anak, oleh anak-anak. [***]

Editor: Sutrisno

loading...

Berita Lainnya

Google News