35 Kursi Dekot Palu akan Diperebutkan 418 Caleg

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Palu, Jurnalsulteng.com – Kota Palu dengan jumlah penduduk sekira 310 ribu jiwa, memiliki jatah kursi di DPRD Kota (Dekot) sebanyak 35 kursi, yang akan diperebutkan oleh 418 calon anggota legislatif (Caleg).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Kamis (22/8/2013), mengumumkan 418 orang masuk dalam daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif untuk Pemilu 2014 melalui rapat pleno terbuka.

Baca Juga

Ketua KPU Kota Marwan P Angku mengatakan awalnya KPU telah mengumumkan sebanyak 420 daftar calon anggota legislatif yang tersebar di delapan kecamatan.

“Setelah melakukan verifikasi akhirnya ditetapkan 418 caleg karena dua orang tidak memenuhi syarat administrasi,” katanya.

Dia mengatakan KPU Kota Palu memberikan waktu satu pekan untuk menerima gugatan dari calon anggota legislatif yang merasa keberatan atas hasil penetapan tersebut.

KPU Kota Palu juga telah menyerahkan hasil keputusan itu kepada setiap pengurus partai politik yang ada di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah ini.

Dari 418 bakal calon anggota legislatif itu, 156 orang di antaranya perempuan atau sebanyak 37 persen, sehingga memenuhi kuota 30 persen untuk keterwakilan kaum hawa.

Dari daftar calon anggota legislatif yang dirilis KPU Kota Palu itu tercatat politisi termuda bernama Agustina dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Perempuan yang bertempat tinggal di Kecamatan Palu Selatan itu lahir di Palu, 16 Agustus 1990.

Sementara untuk bakal calon anggota legislatif tertua ditempati oleh Djohari Lawatu dari Partai Golongan Karya (Golkar). Pria kelahiran Palu, 18 Februari 1949 itu beralamat di Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan.

Palu sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah dalam Pemilu 2014 terbagi menjadi empat daerah pemilihan yang tersebar di delapan kecamatan.***

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News