5 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan, Nomor 4 Tak Disangka

Ilustrasi air Lemon. | Pixabay
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Lemon menjadi salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi. Namun, karena rasanya yang asam, lemon jarang dikonsumsi secara langsung, sehingga orang memanfaatkan dengan dibuat minuman.

Rasa asam yang kuat pada lemon ini berasal dari kandungan asam sitrat. Di mana senyawa asam ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga

Selain itu, Lemon mengandung banyak senyawa aktif seperti fitokimia, kumarin, psoralen, karotenoid, protein, lemak, serat, karbohidrat, tiamin, riboflavin,niacin, vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat air lemon untuk kesehatan tubuh yang dikutip dari PMJ News.

1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Salah satu manfaat air lemon yang utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam lemon juga dapat melindungi tubuh dari bahaya efek radikal bebas. Bahkan, beberapa penelitian telah mengungkapkan berbagai potensi lemon untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Lemon mengandung pektin, salah satu jenis serat larut yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna dan mengatasi beragam masalah pada pencernaan, seperti konstipasi.

Kandungan serat di dalam lemon juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis. Hal ini menjadikan air lemon baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, vitamin, dan serat di dalam buah sitrus, seperti lemon dan jeruk nipis, dapat menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan air lemon baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah Kanker
Manfaat air lemon yang berikutnya adalah mampu mencegah kanker. Air lemon mengandung flavonoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas dan aktioksidan.

Flavonoid juga berfungsi sebagai antivirus, antikanker, dan antialergenik. Dalam Asian Pasific Journal of Cancer Prevention menyebutkan bahwa ekstrak lemon meningkatkan pemrograman kematian sel di dalam sel kanker payudara.

5. Mencegah Batu Ginjal
Kandungan asam sitrat dalam air lemon mampu meningkatkan volume dan nilai pH urine, sehingga dapat mencegah batu ginjal. Tak hanya itu, lemon juga dipercaya dapat memecah batu ginjal menjadi lebih kecil, sehingga mudah dikeluarkan bersama urine.

Meski demikian, efektivitas dan tingkat keamanan dalam mengonsumsi lemon untuk mencegah pembentukan batu ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut. ***

Pos terkait

Google News