7 Kesalahan Mencuci Wajah yang Bikin Wajah Rusak

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
Advertisements
Ilustrasi

Jurnalsulteng.com- Mencuci wajah adalah kegiatan rutin yang dilakukan sehari-hari. Manfaat mencuci wajah memang sangat besar untuk kesehatan wajah. Tetapi, apakah Anda tahu akan merusak wajah jika tidak dilakukan dengan benar?

Banyak orang yang melakukan kesalahan saat mencuci wajah. Mereka tidak tahu bagaimana mencuci wajah yang benar, sehingga mungkin asal mencuci wajah saja. Kesalahan-kesalahan saat mencuci wajah, bukannya membuat wajah semakin bersih, malah membuat wajah menjadi rusak.

Baca Juga:

Agar wajah Anda semakin bersih, berikut 7 kesalahan yang harus Anda hindari setiap kali mencuci wajah, seperti dilansir dari Bold Sky.

1.Menggunakan air dingin atau air panas
Dua suhu ekstrem ini bisa merusak kulit wajah Anda. Air panas dapat membuat pori-pori kulit wajah terbuka, sehingga kotoran dan minyak dapat menumpuk di pori-pori wajah. Hal tersebut dapat membuat risiko jerawat pada wajah semakin meningkat. Gunakanlah air dengan suhu normal untuk mencuci wajah Anda sehari-hari.

Advertisements

2.Menggosok terlalu keras
Ketika mencuci wajah, ada beberapa orang yang menggosok wajah terlalu keras. Hal tersebut tidak baik untuk wajah Anda, karena dapat menyebabkan penipisan kulit. Beberapa orang juga melakukan scrub dengan sabun scrubbing. Scrubbing dengan sabun scrub harusnya hanya 2 kali seminggu, untuk menghilangkan sel-sel mati dan kotoran yang terjebak di dalam kulit.

3.Tidak menghapus makeup
Jangan membuat kesalahan dengan mencuci wajah tanpa membersihkan makeup terlebih dahulu. Hal tersebut akan menyebabkan makeup untuk masuk ke dalam pori-pori kulit. Selain itu, mencuci wajah langsung ketika makeup belum dibersihkan juga membuat makeup tidak terhapus sempurna. Sebaiknya, selalu bersihkan makeup dengan kapas basah atau produk tertentu sebelum mencucinya.

4.Tidak mencuci tangan
Hal ini mungkin sepele, tetapi mempunyai manfaat yang besar. Tidak mencuci tangan sebelum mencuci muka dapat mentransfer kuman sehingga bisa menyebabkan infeksi kulit dan menyebabkan jerawat. Selalu cuci tangan terlebih dahulu agar kuman hilang dari tangan Anda saat membasuh muka.

Advertisements

5.Mencuci wajah berkali-kali
Mencuci wajah secara berlebihan dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Selain itu, mencuci wajah juga dapat membuat wajah Anda kering dan rentan terjadi infeksi. Walaupun Anda merasa kulit sering berminyak, tetapi lebih baik tidak terlalu sering untuk mencuci wajah. Mencuci wajah sebaiknya 2 sampai 3 kali saja dalam sehari.

6.Mengeringkan wajah
Setelah mencuci wajah, Anda harus mengeringkan wajah dengan lembut. Banyak orang yang memiliki kebiasaan membiarkan wajah basah hingga mengering sendiri. Hal ini bisa membahayakan wajah dan menyebabkan penuaan dini.

Keringkan dengan handuk yang lembut setelah mencuci muka. Hindari mengeringkan wajah dengan keras dan cepat.

7.Menggunakan sabun mandi
Jika sabun muka habis, jangan mencoba untuk membersihkan muka dengan sabun mandi. Bahan kimia dalam sabun mandi dapat merusak kulit wajah dan menyebabkan kulit wajah keriput. Selalu gunakan sabun wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda, bisa merawat wajah Anda, sehingga semakin bersih dan jauh dari jerawat.

7 kesalahan di atas merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan saat mencuci wajah. Hindari kesalahan-kesalahan tersebut sehingga kulit wajah bisa terhindar dari hal-hal yang tidak Anda inginkan.[***]

Advertisements

Sumber; Merdeka

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News