7 Weton Titisan Panembahan Senopati Mataram, Punya Spiritual Mumpuni

7 weton titisan Panembahan Senopati Mataram. Tangkap Layar Youtube
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Panembahan Senopati atau juga dikenal sebagai Danang Sutawijaya adalah pendiri sekaligus raja pertama kerajaan Mataram Islam.

Ia adalah putra dari Ki Ageng Pemanahan, salah satu orang kepercayaan Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir, pendiri kerajaan Pajang.

Baca Juga

Mereka bersama sama membuka alas mentaok atau yang sekarang disebut Kotagedhe di wilayah Yogyakarta, menjadi wilayah perdukuhan dan yang dikemudian hari berkembang menjadi ibu kota kerjaan Mataram Islam.

Dikutip kanal YouTube Nasib dan Hoki pada 1 Januari 2022 tentang 7 Weton Titisan Penembahan Senopati Mataram yang punya Spiritual Mumpuni.

Dalam primbon Jawa, disebutkan ada 7 weton mempunyai sifat dan sikap yang mirip dengan Penembahan Senopati.

1. Minggu Pon
Minggu Pon mempunyai jumlah neptu 12, berasal dari Minggu 5 dan Pon 7. Kelahiran Minggu Pon bernaung pada lintang patrem.

Menurut primbon Jawa orang dengan weton Minggu Pon mempunyai sifat amanah, mudah iba, tergerak hatinya untuk meringankan beban penderitaan sesamanya, perasaan yang sensitif, peka terhadap perasaan orang lain, mampu memahami posisi dan kesulitan orang hanya dengan percakapan.

Orang dengan weton inu mempunyai pendirian yang teguh, mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan rata-rata dari mereka mempunyai panggilan untuk menyepi meluangkan waktu untuk berdialod dengan penciptanya. Mempunyai jiwa yang dermawan, berbudi luhur, tahu sopan santun dan berpikiran bersih.

2. Minggu Wage
Minggu Wage mempunyai jumlah neptu 9, berasal dari minggu 5 dan Wage 4. Kelahiran Minggu Wage bernaung pada lintang waluku.

Keteladanan Panembahan Senopati yang menurun pada watak weton ini adalah dirinya yang seorang pemaaf, murah hati dan welas asih pada orang yang kesusahan.

Minggu Wage juga orang yang tidak suka mengumbar aib orang lain, dirinya akan menjaga dengan baik rahasia orang lain, oleh karena itu weton ini sering dipercaya dengan tanggung jawab yang besar. Weton ini juga mempunyai kewibawaan, pikirannya cerdas dan wawasannya luas.

3. Rabu Pon
Rabu Pon mempunyai jumlah neptu 14, berasal dari Rabu 7 dan Pon 7. Weton Rabu Pon dinaungi lintang lumbung.

Watak dasar dari Rabu Pon adalah orang yang mengerti akan tata susila dan sopan santu, menghormati orang lain, sederhana dan polos pemikirannya.

Rabu Pon menyimpan kewibawaan dalam dirinya, hatinya teguh tidak gampang tergoda, hati kecilnya selalu waspada dan siap menjadi benteng iman yang kuat.

4. Kamis Kliwon
Kamis Kliwon mempunyai jumlah neptu 16, berasal dari Kamis 8 dan Kliwon 8. Weton Kamis Kliwon dinaungi lintang naga.

Seseorang dengan weton Kamis Kliwon adalah orang yang ramah, kelakuannya pantas, lemah lembut, berpikiran baik. Meskipun terkadang mudah marah tetapi orang ini berhati dermawan dan tidak pelit akan harta bendanya.

Sifat alami bawaan lahir yang dimiliki Kamis Kliwon adalah keinginannnya untuk selalu memahami hubungannya dengan sang pencipta, serta keingintahuan akan jawaban dari tujuan hidupnya.

5. Jumat Pon
Jumat Pon mempunyai jumlah neptu 13, yang berasal dari Jumat 6 dan Pon 7. Weton Jumat Pon dinaungi lintang perahu pegat.

Karakter dari Jumat Pon ini adalah senang bergaul mencari teman dengan siapa saja, mempunyai budi pekerti yang baik, jujur, berperikemanusiaan tinggi dan pandai dalam mempergunakan tutur kata. Sehingga banyak orang yang melihat Jumat Pon sebagai orang yang halus perasaannya.

Dalam primbon palintangan, weton Jumat Pon ini disebutkan mempunyai sifat bawaan lahir yang suka bersemedi, mungkin jika diartikan pada zaman sekarang ini adalah suka beribadah.

6. Jumat Kliwon
Jumat Kliwon mempunyai jumlah neptu 14, berasal dari Jumat 6 dan Kliwon 8. Weton Jumat Kliwon dinaungi lintang udang.

Jumat Kliwon mempunyai karakter alami sebagai orang yang berwatak halus, murah hati dan sabar. Sehingga tidak heran bila weton ini mempunyai banyak teman. Orangnya juga cerdas, mampu memikul tanggung jawab yang besar dan mengerti akan sopan santun.

Jumat Kliwon mampu menjadi pemimpin yang disegani, karena selain berwibawa dia juga berpikiran luas dan mampu mempengaruhi banyak orang melalui kata-katanya.

7. Sabtu Legi
Sabtu Legi mempunyai jumlah neptu 14, berasal dari Sabtu 9 dan Legi 5. Weton Sabtu Legi dinaungi lintang begong.

Kelahiran Sabtu Legi adalah orang yang bicaranya tajam, namun mampu menghargai orang lain, pandai dalam menyimpan rahasia dan pandai mencari simpati orang lain. Lebih suka berterus terang dihadapan orang lain daripada harus membuat gosip dibelakangnya.

Itulah 7 weton titisan Panembahan Senopati Mataram. Perlu anda ingat, artikel ataupun tulisan ini hanya sebatas untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Kepercayaan sepenuhnya ada pada diri anda.***

Pos terkait

Google News