Agussalim: Tahun Baru dengan Era Baru Politik Rakyat Palu

Agussalim, SH.
Bagikan Artikel Ini
  • 272
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Tak lama lagi akhir tahun telah usai, banyak cerita dan peristiwa yang menjadi kenangan tak terlupakan di tahun politik 2019. Suka dan duka menjadi sejarah proses panjang tahun 2019 ini.

Kini kita menyambut tahun baru 2020. Sebagian orang tak ingin melewatkan moment menunggu detik pergantian waktu. Seremoni formal diberbagai kegiatan dan acara sebagai bentuk tradisi dari pergantian tahun menjadi saksi bahwa masyarakat begitu antusias menyambut tahun berganti 2019-2020.

Baca Juga

“Apa yang menjadi menarik pergantian tahun di Kota Palu? Seolah rakyat berharap ada perubahan kualitas hidup dan politik rakyat menjadi penopang demokrasi,” kata Agussalim SH, di Palu, Senin (30/12/2019).

Salah satu Bakal Calon (Balon) Walikota Palu yang akan bertarung melalui jalur independen ini mengatakan, warga Palu memiliki “materi” politik yang wajib, untuk menunjang pesta Pilwakot dengan semangat Era Baru di Tahun 2020. Untuk menikmati indahnya pergantian tahun, kata Agussalim SH, semangat saudara kita yang merayakan Natal memiliki arti kuat pesan bersama menjaga kebhinekaan dengan terus memaknai substansi bernegara dalam kehidupan politik 2020.

“Sebab dari pergantian tahun bukan hanya dari aspek perayaannya semata tapi sebagai ajang refleksi diri atas apa yang telah dilakukan di tahun sebelumnya, pesan Natal memberikan persaudaraan abadi kita rakyat Indonesia dan warga Kota palu memiliki kecintaan sesama ummat dan budaya lintas etnis warga Palu,” imbuhnya.

Menurut Agus, banyak kalangan yang menganggap bahwa tahun baru hanyalah perayaan semata. Padahal justeru pergantian tahun seharusnya menjadi ajang perbaikan kualitas diri dikehidupan bermasyarakat meraih keadilan Ekologi, Ekonomi, Sosial dan Budaya bersama.

Loading…

Misalnya kata Agus lagi, proses politik berkualitas dalam Pilwakot Palu harus ditata dengan baik. Sebab Pilwakot Palu terintegrasi dengan Pemilukada serentak, utamanya Pemilihan Gubernur Sulteng.

“Karena Kota Palu adalah Ibukota Provinsi Sulteng, yang akan menjadi barometer prodi politik bagi Pilkada serentak yang akan berlangusng di 8 kabupaten/kota untuk menunjukkan bahwa demokrasi kita berkualitas,” katanya.

Jika dimaknai demikian kata Agussalim SH, maka 2020 memiliki pesan penting bagi Rakyat Sulteng untuk mengusung Demokrasi berkualitas untuk kedaulatan rakyat disegala sektor kehidupannya, utamanya Pasigala dalam menatap ke depan dari agenda reformasi, penataan keadilan ekologi dan lingkungan hidup.

Sebab kata Agussalim SH, selain itu Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah dan pemilihan Bupati 7 daerah kesemuanya memiliki demokrasi politik administrasi di Kota Palu bagi penyelenggara dan pusat partisipasi partisan politik.

“Partai-partai pengusung itukan kesemuanya pimpinannya berada di Kota Palu, baik front office hingga pengurus dan fraksinya di parlemen DPRD Provinsi berlokasi di Kota Palu. Ini kelebihan kualitas formal Kota Palu,” jelasnya.

Olehnya, ia mengajak untuk menyambut tahun baru ini dengan persiapan Pilkada serentak Sulteng untuk menjadi ajang pertarungan yang sangat berarti dan berkualitas bagi kepentingan Nasional dan Negara.

Dengan ucapan Selamat Tahun Baru 2020, mari kita sambut era baru dengan memilih pemimpin baru, untuk mewujudkan harapan rakyat Sulteng dan khususnya warga Kota Palu,” ajaknya. [***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA