Aksi Heroik TNI dan Warga Papua Ganti Bendera OPM dengan Merah Putih

Anggota TNI Yonif 754 Kostrad saat menurunkan bendera Bintang Kejora di atas Tower Navigasi, Jalan Yos Sudarso, Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (6/12/2019). [Liputan6]
Bagikan Artikel Ini

Papua, JurnalNews.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Yonif 754 Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) bersama warga berhasil menurunkan bendera Bintang Kejora di atas Tower Navigasi, Jalan Yos Sudarso, Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua pada Jumat (6/12/2019).

Bendera Bintang Kejora tersebut sempat berkibar setinggi 30 meter sejak 17 Agustus 2019. Bersama warga sekitar, TNI berhasil menurunkan bendera yang biasa digunakan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu dan menggantikannya dengan bendera Merah Putih.

Baca Juga:

Dansatgas Pamrahwan Yonif 754/ENK Kostrad Letkol Inf Dodi Nur Hidayat mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih di Asmat ini dipimpin langsung oleh Letda Inf Laksono selaku Danpos Satgas Pamrahwan Yonif 754/ENK.

Menurut Dodi, penurunan bendera Bintang Kejora ini mendapat respons yang sangat positif dari masyarakat. Dodi mengatakan, masyarakat di Asmat menyatakan bahwa Asmat adalah bagian dari NKRI.

Loading…

“Aksi heroik ini merupakan salah satu bentuk dan wujud ketegasan warga masyarakat Asmat yang mewakili seluruh masyarakat Papua bahwa mereka sangat mencintai Indonesia,” ucap Dodi dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/12/2019).

Dodi menegaskan tidak ada bendera yang bisa berkibar di wilayah Papua selain bendera Merah Putih. Sebab, Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Asmat Papua Bagian NKRI
Salah satu warga Asmat, Alowisius yang ikut mengibarkan bendera Merah Putih di atas tower tersebut juga menegaskan bahwa dirinya adalah bagian dari NKRI.

“Bendera saya hanya bendera Merah Putih, tidak ada yang lain lagi. Kita masyarakat Papua, kita cinta terhadap Indonesia dan kita cinta terhadap bendera Merah Putih,” ungkap Alowisius. [***]

Sumber; Liputan6

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA