Anggota Absen, Rapat KUA-PPAS DPRD Palu Ditunda

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Palu, Jurnalsulawesi.com– Rapat Badan anggaran (Banggar) DPRD Kota Palu, untuk membahas Penetapan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafond Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan Tahun Anggaran 2018, Jumat (27/7/2018), molor dari jadwal yang ditentukan.

Sedianya rapat Banggar legislatif ini berlangsung sejak pukul 14.00 Wita, namun hingga pukul 15.30 Wita, rapat tersebut belum juga bisa digelar. Pasalnya, dari 17 anggota dewan yang masuk dalam Banggar legislatif, hanya 9 anggota yang hadir. Untuk mencapai quorum minimal dihadiri 10 anggota Banggar.

Baca Juga

Beberapa anggota yang tidak hadir diantaranya Erfandi Loekman, Muchlis Yabi, Thompa Yotokodi, Armin, Hamsir, Danawira serta Sofyan Aswin.

Ketidakhadiran anggota Banggar kali ini merupakan preseden buruk dari rasa tanggungjawab moral anggota dewan.

Sementara diketahui rapat Banggar merupakan kewajiban, karena ini menyangkut kepentingan daerah dan masyarakat Kota Palu.

Ketua DPRD Kota Palu H Ishak Cae yang juga Ketua Banggar menuturkan, sebelumnya rapat ini sudah pernah ditunda, karena pihak eksekutif belum bisa melengkapi data serta pokok-pokok pikiran dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Namun kali ini kembali tertunda karena “kelalaian” sebagian anggota Banggar yang tidak hadir, sehingga rapat molor dan ditunda karena tidak quorum.

Rapat yang dijadwalkan pukul 14.00 Wita akhirnya batal, karena hingga 16.15 Wita masih ada yang belum hadir, hingga rapat akhirnya dibatalkan.

Ketua Banggar akhirnya menskorsing rapat dan rencananya akan dilaksanakan Jumat (27/7/2018) sekira Pukul 20.00 Wita.

Usai menskorsing rapat Ishak Cae kepada wartawan menyesalkan sikap anggota banggar yang tidak hadir, sementara rapat Banggar sangat penting, karena ini tanggung jawab bersama secara kelembagaan.

Apalagi tambah politisi kawakan Partai Golkar ini, upaya konfirmasi telah dilakukan oleh pihak Sekretariat Dewan. Namun hingga beberapa jam ditunggu tetap tidak juga menampakkan batang hidungnya. Padahal sebelumnya anggata Banggar telah sepakat untuk menghadiri rapat tersebut.

Ishak Cae berharap kiranya dalam rapat Banggar malam nanti, seluruh anggota hadir, begitupun dengan OPD Kota Palu.

Disinggung terkait sanksi terhadap anggota Banggar, anggota dewan tiga periode menegaskan, jika memang anggota tesebut melakukan pelanggaran terhadap tata tertib, maka menjadi kewenangan Badan Kehormatan (BK) untuk menindaklanjuti.

“Rapat ini adalah sebagai salah satu tanggungjawab moral sebagai wakil rakyat. Soal sanksi sesuai dengan tatib di DPRD Kota Palu, yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh Badan kehormatan,” kata Politisi dari Dapil Palu Selatan ini.

Ishak berharap, para anggota Banggar pada rapat yang akan dilanksanakan malam nanti dapat hadiri, karena ini merupakan tanggungjawab sebagai wakil rakyat, demi kepentingan rakyat yang diwakilinya.

Sebelumnya, rapat ini juga ditunda pada Rabu (25/7/2018). Saat itu, rapat ditunda karena banyak Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Palu dan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Asri, tidak hadir dalam rapat. [***]

 

Penulis; Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News