Arab Saudi Buka Ibadah Umrah, Indonesia Belum Dapat Kuota Gegara Vaksin Sinovac?

  • Whatsapp
Pemerintah Arab Saudi buka kembali izin Umrah bagi Warga Asing mulai Senin 9 Agustus 2021. | Foto: Reuters/Saudi Press Agency
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Pemerintah Arab Saudi mulai membuka ibadah umrah bagi jamaah luar negeri mulai Senin 9 Agustus 2021. Namun dalam tahap ini, Indonesia belum mendapatkan kuota.

Seperti dilansir laman Saudi Press Agency (SPA), Senin 9 Agustus 2021, umroh dibuka lagi mulai hari ini. Jumlah jemaah umroh akan dibatasi maksimal 2 juta orang setiap bulannya.

Baca Juga

Seorang pejabat di Kementerian Haji dan Umrah mengatakan, jemaah domestik dan luar negeri harus menyertakan sertifikat vaksinasi Covid-19 resmi bersama dengan permintaan umroh mereka.

“Jemaah wajib sudah divaksinasi, termasuk dari negara Arab Saudi. Dilanjutkan proses karantina pada saat kedatangan,” ungkap pernyataan tersebut.

Sementara Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Eko Hartono mengatakan salah satunya persoalan yang menjadi pertimbangan Arab Saudi adalah vaksin yang digunakan Indonesia.

“Sampai sekarang hanya empat jenis vaksin yang diakui yakni Pfizer, Moderna, Johnsons, dan AstraZenecca. Sementara kebanyakan di kita pakai Sinovac dan Sinopharm,” jelas Eko saat dikonfirmasi, Minggu 8 Agustus 2021.

Eko memastikan pihaknya masih terus melakukan pendekatan dan berupaya agar vaksin Sinovac dan Sinopharm disetujui oleh pemerintah Arab Saudi sebagai syarat vaksin.

“(Arab) Saudi sudah setujui Sinovac dan Sinopharm, tapi kami masih akan cek lagi,” ucapnya. ***

Berita Terkait

Google News