Astronom Temukan Kawah Baru di Mars, Ini Penjelasannya

Pola unik Mars. [NASA]
Bagikan Artikel Ini

Jurnalsulawesi.com – Astronom telah melihat kawah tumbukan besar baru di Mars. Kawah tersebut akibat dampak besar menabrak es di selatan planet Mars.

Kawah tumbukan besar di Mars terbentuk antara Juli-September 2018. Kawah tersebut terbentuk akibat menabrak es di selatan planet, sehingga membuat puing membentuk pola yang unik.

Baca Juga

“Saat penabrak menyentuh tanah, ada kekuatan yang luar biasa seperti ledakan. Pola ledakan yang lebih besar dan berwarna lebih terang bisa merupakan hasil gerusan angin dari dampak shockwave,” kata HiRISE co-investigator Ross Beyer sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Rabu (30/1/2019).

Pola ledakan yang lebih besar dan berwarna terang, kata Beyer, merupakan buah hasil dari gerusan angin oleh dampak shockwave. Pola ledakan dalam yang lebih gelap akibat penabrak menembus lapisan es tipis, menggali pasir di bawahnya, dan membuangnya ke suatu arah.

Loading…

Kamera Mars Reconnaissance Orbiter’s High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) memotret gambar kawah fresh yang sangat detail. Sebuah studi 2013 menemukan ada lebih dari 200 dampak asteroid di Planet Merah setiap tahun.

Asteroid dan fragmen komet biasanya berukuran tidak lebih dari tiga hingga enam kaki atau sekitar 10 kali lebih kecil dari meteor yang meledak di Chelyabinsk, Rusia, pada Februari lalu. Lubang akibat asteroid ini, kata peneliti, biasanya memiliki lebar setidaknya 3,8 kaki.

Tingkat dampak batu luar angkasa 200 per tahun untuk Mars didasarkan pada sebagian dari 248 kawah Mars baru yang telah diidentifikasi dalam dekade terakhir menggunakan gambar dari Mars Reconnaissance Orbiter, pesawat luar angkasa NASA yang telah mengitari Mars sejak 2006. [***]

Sumber; iNews

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA