Astronot Amati Gerhana Matahari Cincin dari Luar Angkasa, Begini Penampakannya

Penampakan Gerhana Matahari Cincin dari Stasiun Luar Angkasa. [Twitter/Jessica Meir]
Bagikan Artikel Ini
  • 77
    Shares

JurnalNews.id – Penduduk Bumi disuguhkan tiga Gerhana Matahari pada 2019. Fenomena terakhir memperlihatkan cincin api di atas langit Bumi.

Ya, Gerhana Matahari Cincin telah menghiasi langit Bumi pada Kamis, 26 Desember 2019. Pengamatan terhadap Gerhana Matahari Cincin tak hanya dilihat dari Bumi tapi juga luar angkasa.

Baca Juga:

Di luar angkasa, para astronot menyaksikan bayangan Bulan merayap di permukaan Bumi. Mereka melakukan pengamatan di international space station, sebagaimana dikutip dari Space, Jumat (27/12/2019).

“Beginilah Gerhana Matahari annular (saat Bulan berada di garis antara Bumi dan Matahari) terlihat dari @Space_Station. Kami melihat bayangan Bulan di Bumi di bawah, tepat di atas cakrawala,” tulis astronot NASA Jessica Meir dalam unggahan di Twitter.

Satelit cuaca milik Japan Aerospace Exploration Agency Himawari 8 merekam video yang memesona tentang bayangan Bulan yang bergerak melintasi Bumi. National Oceanic and Atmospheric Administration Amerika Serikat (AS) membagikan video di Twitter.

Seperti diketahui, Gerhana Matahari terjadi saat Bulan lewat di antara Matahari dan Bumi. Karena orbit Bulan memiliki kemiringan, penyelarasan kosmik ini tidak terjadi setiap bulan.

Terkadang, Bulan agar terlalu jauh dari Bumi dalam orbitnya untuk sepenuhnya menutupi Matahari, sehingga menghasilkan gerhana annular seperti yang terjadi Kamis kemarin. [***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA