Atasi Covid-19, Pemkab Buol Akan Terapkan PSBB

  • Whatsapp
Ilustrasi: PSBB. [Panrita]
Bagikan Artikel Ini
  • 229
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berencana menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), untuk memutus rantai penularan virus corona penyebab COVID-19.

Bupati Buol Amiruddin Rauf mengatakan, berdasarkan rapat koordinasi organisasi perangkat daerah bersama kepolisian, TNI, dan DPRD Kabupaten Buol pada Senin (4/5/2020), pemerintah kabupaten memutuskan akan mengajukan permohonan ke Menteri Kesehatan melalui Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk menerapkan PSBB.

Baca Juga

Dilansir Antara Selasa (5/5/2020), melalui pesan video ia mengatakan, pemerintah kabupaten memutuskan mengajukan permohonan untuk menerapkan PSBB karena jumlah kasus COVID-19 di Buol paling banyak di Sulawesi Tengah.

Berdasarkan Data Pusdatina Corona Virus Disease (Covid-19) Provinsi Sulteng, pada Selasa (5/5/2020), jumlah positif Corona di Kabupaten Buol, saat ini tertinggi di Provinsi Sulteng yakni sebanyak 29 kasus.

Demikian juga dengan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 72 orang, yang juga tertinggi di Sulteng. Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 2 orang.

“Penerapan PSBB di Buol dirasa sudah perlu karena kondisi dan situasi di Buol saat ini,” katanya.

“Kalau PSBB diterapkan mau tidak mau, suka tidak suka masyarakat harus mentaati. PSBB bukan lockdown atau karantina wilayah. Aktivitas di luar rumah bisa tetap berjalan dengan beberapa persyaratan yang diatur pemerintah pusat dan daerah,” ia menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Buol, menurut dia, juga sudah menyiapkan program bantuan sosial untuk warga selama penerapan PSBB. [***]

Editor: Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News