Baca Pakta Integritas; Rusdi-Ihwan Tidak Kompak, Longki-Sudarto Disambut ‘Applause’

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
Advertisements
Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur nomor urut 2 saat membacakan pakta integritas di Convention Hall, Swissbel-Hotel Silae Palu, Rabu (26/08/2015). [Foto: Mahbub/JurnalSulteng]

Palu, Jurnalsulteng.com- Dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, menyepakati enam poin pakta integritas selama proses pilkada berlangsung.  Penandatangan berlangsung di Convention Hall, Swissbel-Hotel Silae Palu, Rabu (26/08/2015).

Menariknya, saat pasangan nomor urut satu Rusdi Mastura-Ihwan Datu Adam beberapa kali harus mengulang membaca poin-poin pakta integritas itu karena tidak kompak. Spontan membuat tamu undangan tertawa. Meski begitu, para undangan yang hadir tetap memberikan Applause kepada pasangan dengan nomor urut 1 tersebut.

Baca Juga:

(Baca Juga: Ihwan Silap Lidah Sebut KPUD Kaltim )

Sementara, pembacaan  pakta integrtitas  nomor urut 2 Drs H.Longki Djanggola, M.Si dan Sudarto, SH, M.Hum berjalan lancar dan teratur.

Advertisements

Di hadapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulteng sebagai panitia penyelenggara dan ratusan undangan yang hadir, Paslon petahana itu, nampak begitu antusias dan penuh semangat membacakan pakta integritas.

Pembacaan enam poin pakta integritas dimulai calon gubernur Longki Djanggola pada poin ke satu.

“Siap menjunjung tinggi integritas diri dengan tidak melakukan pelanggaran pemilihan gubernur dan wakil gubernur yakni politik uang, penggunaan fasilitas negara dan pemerintah, penyalahgunaan jabatan dan kewenangan, menggunakan issue suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) serta pelanggaran lain yang dapat mencederai kualitas pemilihan gubernur dan wakil gubernur di provinsi Sulawesi Tengah,” kata Longki membacakan pakta integritas.

Advertisements

Kemudian poin ke dua dibacakan Sudarto, diamana poin ini dikatakan, tidak akan melakukan manipulasi.

“Tidak akan melakukan tindak-tindakan manipulatif yang mencederai hasil pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2015, serta siap menerima hasil Pilkada secara arif dan bijaksana,” tandas Sudarto saat membacakan poin ke dua.

Demikian selanjutnya pakta tersebut dibacakan secara bergantian dan berurutan sampai di poin ke enam.

Hingga diakhir poin pembacaan pakta integritas, paslon petahana mendapat Applause panjang dari pendukung dan para undangan yang hadir.

Usai membacakan pakta integritas Longki-Sudarto melakukan jabat salam dengan kompetitornya Paslon Rusdi Mastura dan Ihwan Datu Adam serta penyelenggara.[***]

Advertisements

Wartawan; Mahbub
Editor; Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News