Badai Matahari Dahsyat Dilaporkan Terjang Bumi dengan Kecepatan 1,6 juta KM per Jam

  • Whatsapp
Ilustrasi.
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Badai matahari dahsyat disebut menerjang Bumi dengan kecepatan kecepatan 1,6 juta km per jam, pada 11-12 Juli 2021 kemarin.

Menurut sebuah laporan Spaceweather.com, badai itu berasal dari atmosfer Matahari tetapi badai geomagnetik yang lengkap tidak mungkin terjadi. Namun, itu bisa memicu aurora ketinggian tinggi.

Baca Juga

“Hari ini, aliran angin matahari berkecepatan tinggi diperkirakan akan menghantam medan magnet Bumi. Mengalir dari lubang khatulistiwa di atmosfer matahari, kecepatan angin bisa mencapai 500 km/s”.

“Badai geomagnetik penuh tidak mungkin, tetapi kerusuhan geomagnetik yang lebih rendah dapat memicu aurora lintang tinggi,” sebut situs web mereka.

Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa Amerika Serikat telah memperkirakan bahwa suar matahari kemungkinan berpusat pada titik sub-matahari di sisi Bumi yang diterangi matahari.

Prediksi terbaru menyebutkan, semburan dahsyat itu dapat menyebabkan gangguan komunikasi dan pemadaman komunikasi radio HF (frekuensi tinggi) di area luas selama satu jam atau lebih.

NASA telah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa badai matahari bergerak menuju bumi dengan kecepatan sekitar 1,6 juta kilometer per jam. Ada kemungkinan bahwa kecepatannya dapat meningkat lebih jauh.

Selain infrastruktur komunikasi di Bumi, satelit di atmosfer atas juga dapat terpengaruh oleh semburan matahari.

Hal ini dapat menyebabkan gangguan dan gangguan pada sinyal ponsel, TV satelit, navigasi GPS. Para ahli juga mengatakan bahwa beberapa tempat mungkin melihat trafo yang meledak jika arus di saluran listrik tinggi.

Apa itu Badai Matahari/Badai Geomagnetik?
Badai matahari, dalam definisi yang paling sederhana, adalah gangguan pada Matahari yang dapat memancar keluar melintasi heliosfer dan mempengaruhi seluruh Tata Surya, termasuk Bumi.

Badai matahari juga disebut sebagai badai geomagnetik yang dapat menyebabkan gangguan sementara pada magnetosfer bumi akibat gelombang kejut angin matahari.

Apa itu Suar Matahari?
Suar Matahari adalah ledakan besar di atmosfer Matahari, yang disebabkan oleh kusut atau reorganisasi garis medan magnet di dekat bintik matahari.

Suar Matahari adalah ledakan besar di atmosfer Matahari, yang disebabkan oleh kusut atau reorganisasi garis medan magnet di dekat bintik matahari. ***

Berita Terkait

Google News