Beda Data BNPB Pusat Terkait Jumlah Positif Corona di Sulteng, Begini Penjelasannya

[Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 179
    Shares

Palu, Jurnalnews.id – Pemerintah pusat melaporkan pasien positif terjangkit Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) atau Virus Corona di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sebanyak 3 orang. Sementara data Pusdatina Covid-19 Dinkes Provinsi Sulteng hanya 2 orang yang positif corona.

“Provinsi Sulawesi Tengah, Terkonfirmasi: 3, Sembuh: 0, Meninggal: 0,” demikian dikutip dari situs resmi COVID-19 di Indonesia

Baca Juga:

 

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Sulteng Haris Kariming mengatakan, pasien yang dinyatakan positif corona ke 3 tersebut memang ber-KTP Palu, namun sedang di rawat di Rumah Sakit (RS) Labuang Baji Makassar.

“Pasiennya dirawat di RS Labuang Baji Makassar, tapi KTP Palu, Jalan Seruni Raya. Begitu info dari Litbang Kemenkes di Jakarta, kepada Kadis Kesehatan Provinsi Sulteng,” terang Haris melalui WhatsApp Group (WAG), pada Senin (30/3/2020) petang.

Haris menyebutkan, pihaknya juga sudah meminta bantuan LO BNPB Sulteng untuk melakukan crosscek kembali terkait data yang dirilis BNPB pusat tersebut.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, dr. Reny A. Lamadjido, yang mengatakan bahwa pasien yang dirilis BNPB Pusat itu tinggal di Makasaar sudah lama, cuma KTP-nya masih KTP Palu.

“Pasiennya dirawat di RS Labuan Baji Makassar, tapi KTP Palu. Sudah lama di Makassar,” ujar dr. Reny seperti dilansir SultengNews jejaring JurnalNews.id.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pusdatina Corona Virus Disease (Covid)-19 Provinsi Sulteng, kembali merilis data terbaru kasus Covid-19, Senin (30/3/2020) Pukul 16.00 Wita.

Berdasarkan data resmi tersebut, satu orang pasien dalam Pengawasan (PDP) diduga terjangkit virus Corona, meninggal dunia di Rumah Sakit Anutapura Palu, pada Senin (30/3/2020) dini hari.

Sementara, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Provinsi Sulteng bertambah sebanyak 43 orang, sehingga total ODP Covid-19 di Sulteng menjadi 102 orang. Namun, dari 102 orang tersebut, 9 orang sudah selesai dalam pemantauan.

Tambahan 43 ODP tersebut masing-masing dari Wilayah Kabupaten Banggai 2 orang, Banggai Kepulauan (Bangkep) 1 orang, Donggala 1 orang, Morowali 4 orang, Parigi Moutong 33 orang dan Tojo Unauna 1 orang.

“99 orang ODP Covid-19, sampai saat ini masih dalam pemantauan oleh petugas kesehatan di rumah masing-masing,” demikian dilaporkan Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng.

Pusdatina Covid-19 Provinsi Sulteng juga menyebutkan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) banyak 29 orang, 7 orang dinyatakan negatif Covid-19. [***]

Penulis: Sutrisno

loading...

Berita Lainnya

Google News