BEDA PENGUSAHA DAN POLITISI

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
  • 130
    Shares

 

Oleh: Joko Intarto
Show must go on. Hidup harus terus berjalan. Seperti yang seharusnya. Pandemi Covid-19 masih belum reda. Tapi mau bagaimana?

Baca Juga

Pemerintah sudah melonggarkan PSBB. Kantor-kantor sudah mulai buka lagi. Permintaan layanan webinar dengan operator on site pun hidup lagi.

Tidak mungkin menolak permintaan pelanggan. Yang bisa dilakukan jagaters adalah membuat SOP pekerjaan dengan standar kesehatan sesuai protokol Covid-19.

Jadilah operator webinar Jagaters sekarang memakai seragam baru. Penampilannya mirip apa? Ada yang menyebut seperti astronot. Tapi saya cenderung mengatakan mirip tukang las listrik.

Dengan seragam itulah sekarang mereka bekerja melayani webinar dari kantor ke kantor. Dari hotel ke hotel. Dari gedung pertemuan ke gedung pertemuan.

Advertisements

Namun tidak semua kegiatan webinar bisa dilakukan dengan mudah di kantor-kantor. Kendala terbanyak adalah terbatasnya bandwidth internet.

Kantor-kantor itu sebenarnya punya jaringan internet. Tetapi kapasitasnya hanya cukup untuk menjalankan pekerjaan karyawannya. Begitu digunakan untuk webinar, bandwidth-nya tidak cukup.

Ada pula problem lain: Terbatasnya ruangan. Harap maklum. Biaya sewa ruangan di gedung-gedung itu tidak murah. Penyewa harus merencanakan dengan cermat antara kebutuhan ruangan dengan kemanfaatannya.

Untuk mengatasi dua kendala itu, Jagaters menawarkan beberapa studio. Salah satunya milik X-Network yang di Lantai 31 Menara Imperium. Lokasinya bersebelahan dengan ruang studio X-FM. Dulu dikenal dengan nama Woman Radio.

Rabu sore saya dan Irwan Setyawan janjian bertemu dengan Pak Zaidin Zaiti, founder Mataer Corporation. Pak Zaidin Zaiti sedang mencari satu studio untuk webinar salah satu kliennya

Ada pula Pak Syahrul Rusli, CEO Pesonna Optima Jasa di Studio Menara Imperium. Pak Syahrul sudah dua tahun menjadi pelanggan Jagaters untuk penyediaan sistem rapat online.

Ia penasaran ingin melihat studio webinar di Menara Imperium itu. Siapa tahu, bisa ditiru untuk smart meeting room di kantornya.

Dasar nasib sedang mujur. Eric Hermawan, owner X-Network kebetulan punya waktu. Peninjauan studio pun berubah menjadi ajang diskusi mencari peluang bisnis yang seru.

Begitulah kalau sesama pengusaha saling bertemu. Beda banget dengan teman-teman saya yang politisi: Setiap bertemu yang dibahas hanya bagaimana cara mendapat kursi. [***]

(Penulis adalah founder Jagaters dan praktisi bisnis webinar)

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News