Berikut Daftar Imunisasi Lengkap yang Harus Anak Dapatkan di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Ilustrasi imunisasi anak. | Foto: CDC/Pexels.com/ CDC
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan perlu partisipasi aktif dalam melakukan vaksinasi di masa pandemi COVID-19.

Menkes Budi mengatakan sangat mendukung program vaksinasi sebagai salah satu program utama di sektor promotif dan preventif.

Baca Juga

“Saya berharap melalui program imunisasi bisa menciptakan anak-anak muda yang jauh lebih sehat, bisa mengurangi tingkat kematian ibu dan bayi, dan mengurangi tingkat kematian wanita karena kanker serviks,” kata Menkes Budi Saat Webinar Pekan Imunisasi Dunia, yang disiarkan melaui kanal Youtube Kemenkes, Sabtu 8 Mei 2021.

Berikut adalah imunisasi lengkap yang harus didapatkan oleh anak sesuai rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 2017.

Imunisasi untuk anak umur 0-18 bulan antara lain segera setelah lahir yaitu Hepatitis B 0. Usia 1 bulan BCG (tuberkulosis) + bOPV 0, usia 2 bulan Pentavalent 1 + bOPV 1, usia 3 bulan, Pentavalent 2 + bOPV 2. Usia 4 bulan Pentavalent 3 + bOPV 3 + IPV (polio suntik), usia 9 bulan MR 1 (campak rubella) dan usia 18 bulan Pentavalent 4 + MR 2.

Selain itu dapat juga ditambah dengan imunisasi pada usia 2 bulan PCV1, usia 4 bulan PCV2, usia 6 bulan PCV3 + Influenza 1, usia 7 bulan, Influenza 2. Sedangkan untuk video tadi kan 12-15 bulan PCV4.

Imunisasi untuk anak umur >18 bulan yakin usia 6-7 tahun (sekolah dasar (SD) kelas 1 DT atau Td (difteri, tetanus) + MR, usia 7-8 tahun, usia SD kelas 2) Td, usia 11 tahun (SD kelas 5), Td dan HPV I (untuk provinsi tertentu). Sedangkan usia 12 tahun (SD kelas 6) HPV II (untuk provinsi tertentu).

“Perlu partisipasi aktif dalam melakukan vaksinasi di masa pandemi COVID-19. Karena melakukan vaksinasi bukan pekerjaan mudah apalagi harus dilakukan di seluruh Indonesia dengan keragaman budaya dan geografi yang berbeda,” kata Menkes Budi. ***

Berita Terkait

Google News