Besok, Calon Panglima TNI Jenderal Andika Jalani Fit and Proper Test

Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. | PMJ News
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, uji kelayakan serta kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bakal dilakukan Jumat 5 November 2021 besok.

Tetapi, rangkaian tes sebelum fit and proper test bagi calon Panglima TNI dimulai hari ini Kamis 4 November 2021.

Baca Juga

“Usai Badan Musyawarah kemarin, rangkaian fit and proper test dimulai hari ini. Hari ini adalah rapat internal, kemudian direncanakan besok yaitu fit and proper test yang dilakukan oleh Komisi I,” terang Dasco di Gedung DPR Jakarta, Kamis 4 November 2021.

Masih dari penuturan Dasco, uji kelayakan dan kepatutan terhadap Andika Perkasa dapat selesai dalam satu hari saja.

Sehingga hasil dari fit and proper test dapat dibawa ke rapat paripurna 8 November 2021.

“Berdasarkan pengalaman yang ada, fit and proper test tidak lebih dari satu hari, karena calon tunggal,” ucapnya.

Komisi I DPR akan menggelar rapat internal berkenaan jadwal fit and proper test calon Panglima TNI pada hari ini Kamis 4 November 2021 pukul 14.00 WIB.

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI.

Hal ini diketahui setelah usulan tersebut masuk ke DPR RI untuk menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada November ini.

“Presiden hanya mengusulkan satu nama kepada DPR RI. Karena itu pada hari ini melalui Menseneg telah menyampaikan surpres atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di DPR RI pada Senin 3 November 2021.

“Penggantinya akan berproses berbagai tahap dan persetujuan DPR RI,” sambung Puan.

Jika disetujui sebagai calon Panglima TNI, Andika akan menggantikan Hadi Tjahjanto yang bakal menginjak usai pensiun, yakni 58 tahun, pada 8 November 2021.

Sebelumnya, pencalonan Panglima TNI sempat diramaikan oleh nama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, selain nama Andika. ***

Pos terkait

Google News