BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di Angka 4,75 Persen

  • Whatsapp
Bank Indonesia saat umumkan BI Rate, Kamis (20/7/2017) malam. [Viva.co.id]
Bagikan Artikel Ini

Jakarta, Jurnalsulawesi.com – Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate di level 4,75 persen, dengan suku bunga deposito di level 4 persen, dan suku bunga pinjaman tetap di level 5,5 persen. Keputusan ini, sejalan dengan upaya menjaga stabilitas makro ekonomi nasional.

Direktur Departemen Komunikasi BI, Arbonas Hutabarat mengatakan, keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan dinamika perekonomian global dan domestik.

Baca Juga:

“Berlaku efektif sejak tanggal 21 Juli 2017 besok,” ujar Arbonas dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis (20/7/2017) malam.

Ia mengungkapkan, proses pemulihan perekonomian domestik terus berlanjut namun memang tidak sekuat perkiraan semula terutama akibat perlambatan konsumsi meski di sisi lain ada peningkatan investasi.

“Tekanan inflasi diperkirakan sedikit berkurang di bawah perkiraan semula akibat permintaan yang masih lemah dan terkendalinya harga pangan,” tuturnya.

Arbonas mengungkapkan, pihaknya terus mewaspadai sejumlah risiko, baik yang bersumber dari global terutama normalisasi neraca bank sentral AS, maupun domestik terutama konsolidasi korporasi dan perbankan yang masih berlanjut.

Untuk itu, sambung dia, Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makropudensial, dan sistem pembayaran, guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“Serta tetap memberi dukungan bagi pemulihan ekonomi lebih lanjut,” tambahnya.

Bank Indonesia juga terus mempererat koordinasi bersama pemerintah dalam pengendalian inflasi agar tetap berada pada kisaran sasaran dan mendorong kelanjutan reformasi struktural agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.[***]

 

Source; Viva.co.id

loading...

Berita Lainnya

Google News