BMKG: Fase Suhu Panas Ekstrem di Indonesia Sudah Lewat

Ilustrasi
Bagikan Artikel Ini
  • 126
    Shares

Jakarta, JurnalNews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, fase suhu panas ekstrem di Indonesia telah terlewati.

“Jadi mulai sekarang hingga periode Desember sampai Maret, potensi cuaca ekstrem suhu hingga 39 derajat Celsius sudah terlewati,” ujar Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Miming Saepudin dalam diskusi bertajuk Prediksi dan Ancaman Bencana di Indonesia 2020 di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Baca Juga

Saat ini, rata-rata suhu paling tinggi di Indonesia terpantau di kisaran 35-37 derajat Celsius. “Dan, 37 derajat Celcius masih di wilayah Jawa,” imbuh Miming.

Loading…

Dalam artian, memang curah hujan dan atmosfer di wilayah Jawa tidak terlalu basah. Tapi, Miming menyebutkan, kondisi suhunya masih relatif normal.

Pekan lalu, BMKG mengatakan, dalam waktu satu minggu ke depan masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia. Khususnya, sampai akhir Oktober dan daerah di bagian Selatan Jawa dan Nusa Tenggara.

Suhu terik masih akan terjadi karena posisi semu matahari yang masih akan berlanjut hingga ke selatan. Selain itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo bilang, kondisi atmosfer yang masih cukup kering membuat suhu panas berpotensi meningkat karena pertumbuhan awan berkurang bisa menghalangi terik matahari. [***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA