BNN dan Polsek Damsol Bekuk 4 Pembawa Sabu 20Kg, Berikut Kronologis dan Nama Pelaku

  • Whatsapp
Kapolsek Damsol dan petugas BNN saat menggeledah puluhan bungkusan yang berisi Sabu di jalur Trans Sulawesi arah Tolitoli tujuan Palu, Kamis 2 September 2021. | Foto: tangkap layar video
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Tim Saroja Polsek Damsol, Polres Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) berhasil bekuk empat orang diduga Kurir Narkoba dan Polisi sita barang bukti, Kamis 2 September 2021.

Empat pelaku menggunakan kendaraan roda empat Innova meluncur dari Kabupaten Tolitoli, Sulteng menuju Kota Palu.

Baca Juga

Saat di dalam perjalanan di wilayah Polsek Damsol, Polres Donggala mobil yang membawa 20 kilo gram (Kg) narkoba dihadang Kapolsek dan TIM.

Dalam video yang diterima JurnalNews, terlihat Kapolsek yang tidak menggunakan baju seragam langsung mendekat ke mobil warna putih dan mengintrogasi orang di dalam mobil.

“Mendekat mendekat sini, dari mana kau di depan sini. Barang siapa ini, siapa yang bawa tadi,” ujar Kapolsek kepada seorang yang diduga pelaku narkoba.

“Kurang tahu pak,” ujar terduga pelaku.

Perekam video menyebut bahwa mobil putih diduga membawa narkoba jenis sabu.

“Diduga membawa barang diduga sabu,” ujar sang perekam yang terus merekam aksi Kapolsek Damsol dalam mengintrogasi terduga pelaku.

“Dari arah Tolitoli ke Palu,” ujar perekam video sebagaimana dilihat JurnalNews, Kamis malam.

Mobil Innova DN 1530 NF beserta barang bukti 20 bungkus sabu langsung diamankan di Polsek Damsol dan tim BNN pun tiba ke Polsek mengamankan narkoba itu.

Informasi dari Kepolisian menyebutkan adapun identititas ke 4 orang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkoba jenis sabu tersebut:

1. AGIL ( BTN Kelapa Gading Blok AT 44 ).

2. RESALDI (Desa Kapas Kecamatan Dako pamean Kabupaten Toli-Toli).

3. SURYANT0 (Jalan Kancil LRG.Toyugi Kecamatan Palu selatan ).

4. IHWAN (Jalan guru tua Desa Kalukubula Kecamatan Sigi biromaru).

Kronologis kejadian berawal pada hari ini Kamis tanggal 02 September 2021 sekitar pukul 06.20 WITA, Kapolsek Damsol Iptu Hasanuddin Hamid,S.H. dan Kanit Intelkam Polsek Damsol Bripka Saharuddin menerima informasi dari Kanit Binmas Polsek Sojol Ipda Safaruddin, SH bahwa adanya TO BNN RI Pusat yang sudah melakukan transaksi sabu-sabu dengan menggunakan mobil Innova warna putih di wilayah Kabupaten tolitoli.

Lanjut, namun personil BNN RI yang melakukan operasi di Sulteng ini kehilangan jejak pada saat melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Dari Informasi tersebut team Saroja Polsek Damsol yang dipimpin Kapolsek Damsol bersama 5 personilnya Bripka Saharuddin, Bripka I Gede Suardana, Brigpol Ardy Aswar, Brigpol Abdul Kadir, Briptu Rizal Andriadi melakukan penghadangan.

Pencegatan dilakukan di jalan Trans Sulawesi Desa Sabang Kecamatan Dampelas, sekitar pukul 07.00 Wita, Kapolsek Damsol bersama anggota memberhentikan kendaraan tersebut namun tetap menambah kecepatan sehingga Kapolsek Damsol memerintahkan Kanit Intelkam untuk melemparkan kayu bulat besar di tengah jalan sehingga kendaraan yang dicurigai membawa barang tersebut berhenti.

Sesaat mobil tersebut berhenti Kapolsek Damsol bersama anggota langsung bergegas melakukan penggeledahan dan mengamankan sopir serta penumpang dalam mobil tersebut.

Pada saat dilakukan penggeledahan kepada penumpang dan sopir di temukan 1 buah karung yang diduga isi sabu sabu seberat 20 kilo gram.

Jenis sabu serta barang bukti yang diamankan paket sabu sebanyak 20 Paket di duga sebanyak 20 Kg lebih, 2 Unit HP Oppo, 1 Unit HP Redmi, 1 Unit HP Nokia, 2 Buah Cahs HP, 1 unit PowerBank, 1 Buah Jam Tangan, 1 Buah kartu ATM BNI, 1 Buah Kartu ATM BCA, 3 Buah KTP, 2 Buah SIM, 2 Buah Dompet, 1 Buah Kartu BPJS, Uang pecahan Rp.50.000 sebanyak 21 Lembar, 1 lembar uang pecahan Rp.10.000

Sekitar jam 07.30 wita personil dari BNN RI Pusat yang dipimpin oleh Kombes Hagnyono SH, MH tiba di Polsek Damsol dan membuka karung yang diduga isi sabu – sabu, setelah karung tersebut diperiksa didapatkan 20 paket sabu – sabu dan diperkirakan isi atau jumlah keseluruhan 20 Kg lebih.

Terpisah, Kapolres Donggala AKBP Muhammad Yudie Sulistyo,S.I.K memberi motivasi semangat kepada personilnya dilapangan dalam memerangi tindak pidana Narkoba.

Pelaku Resaldi, Suryanto dan Ihwan Diamankan di Polsek Damsol sementara Agil dibawa ke wilayah Tolitoli untuk dilakukan pengembangan oleh BNN RI Pusat. ***

Berita Terkait

Google News