BNPB Kerahkan Helikopter untuk Distribusi Bantuan di Desa Terisolir Pascagempa M6,2 Sulbar

  • Whatsapp
Helikopter Mi-8 milik BNPB mengangkut bantuan kemanusiaan untuk desa terisolir di Provinsi Sulbar. | Foto: BNPB
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan empat helikopter untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan ke desa-desa yang terisolir pascagempa M6,2 di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar)

Helikopter mendistribusikan sejumlah bantuan ke desa-desa yang sulit dijangkau transportasi darat.

Baca Juga

BNPB mengerahkan 4 jenis helikopter Eurocopter tipe EC130B4 dan EC155, Mi-8 dan Chinook selama operasi penanganan darurat gempa M6,2.

Hari ini, tiga helikopter mendistribusikan bantuan logistic ke beberapa desa di sejumlah kecamatan. Sedangkan helikopter Chinook menurunkan logistik bantuan ke gudang TNI AU di Bandar Udara Tampa Padang,” terang Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati dalam siaran pers, Rabu 27 Januari 2021.

Ia menjelaskan, sebanyak tiga helikopter mendistribusikan bantuan di wilayah Desa Kampung Baru, Kopeang dan Bela (Kecamatan Tapalang), Desa Popenga Atas (Ulumanda), Desa Lemo-lemo (Pangale), Desa Salogota (Budong-budong) dan Desa Pangasahan (Tapalang Barat).

Sedangkan jenis bantuan yang diberikan beragam, seperti beras, mie instan, air mineral, masker dan perlengkapan bayi. Bantuan tersebut berasal dari Lembaga dan para donatur yang terkonsentrasikan di gudang yang dikoordinasikan oleh TNI AU.

“Sejak awal pascagempa BNPB mendukung pos komando penanganan darurat, salah satunya pengerahan helikopter,” ucapnya.

Pengaturan pesawat dan helikopter didukung TNI AU yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, BMKG dan operator helikopter BNPB.

Berita Terkait

Google News