BPN Tolitoli Bantah Pengerjaan PTSL Tak Rampung

  • Whatsapp
Anggota Satgas Supardi SH, memperlihatkan tumpukkan sertifikat di Kantor BPN Tolitoli, Selasa (16/1/2018). [Ramlan]
Bagikan Artikel Ini

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tolitoli, membantah adanya pelaksanaan pengerjaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Tolitoli yang tak rampung 100 persen di Tahun 2017.

“Tidak benar kalau pengerjaan PTSL di Tolitoli prosesnya tidak selesai 100 persen, sesuai target 9.150 bidang. Pekerjaan telah dilaksanakan sesuai Juknis mulai penetapan lokasi, pengukuran hingga penerbitan sertifikat sudah dilaksanakan,” tegas Kepala BPN Tolitoli, Ady Suprastio SH MH, di kantornya, Selasa (16/01/2018).

Baca Juga

BACAProyek PTSL di Tolitoli Bermasalah

Dalam berita acara Nomor : 45/BA-7204/1/2018 pelaksanaan PTSL di Tolitoli telah dirampungkan sejak 30 Desember tahun lalu. Demikian halnya terkait hak petugas lapangan yang sepenuhnya diserahkan berdasarkan jumlah bidang tanah di masing-masing desa yang memperoleh target PTSL di Kabupaten Tolitoli.

“Jadi semua tahapan PTSL ini sudah dilaksanakan sepenuhnya, mulai penyuluhan, pendataan hingga penerbitan sertifikat. Cuma yang belum dilakukan penyaluran yang jumlahnya berkisar 9.150, bukan 9.650 sertifikat,” jelas kepala BPN, yang didampingi Ketua Ajudikasi, Syariatudin S.SIT, Ketua Satgas Fisik, Haryanto S.SIT MM, Ketua Satgas Yuridis Martinus S.SIT dan anggota Satgas Supardi SH.

Berkaitan pelaksanaan penyuluhan sebelum tahapan tersebut PTSL dimulai di sejumlah kecamatan di Tolitoli tahun 2017, menurut Kepala BPN Tolitol telah dilakukan berpariatif.

“Soal tahapan penyuluhan, pihak satgas yuridis dan satgas fisik melakukannya dengan berbagai macam metode, mulai perseorangan hingga mengumpulkan masyarakat. Jadi tidak benar kalau kegiatan tersebut tidak melaksanakan penyuluhan,” tekannya. [***]

Rep; Ramlan Rizal
Red; Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News