Buah-buahan Berikut Ini Ampuh Turunkan Kadar Asam Urat

Ilustrasi asam urat | Freepik.com
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Asam urat menjadi salah satu penyakit yang kerap dialami masyarakat. Penyakit ini muncul akibat seseorang tidak mampu mengontrol asupan makanan. Penyakit ini akan menyerang persendian dan bakal terasa sangat menyakitkan.

Bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat, tentu harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Namun, bukan berarti Anda harus khawatir berlebihan.

Baca Juga

Seperti dilansir dari laman Health Shots, ada beberapa buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Berikut empat buah-buahan yang dapat menurunkan asam urat.

1. Pisang
Jika menderita Anda asam urat, maka mengonsumsi pisang setiap hari dapat menurunkan asam urat dalam darah. Pisang secara alami sangat rendah purin yang merupakan senyawa alami yang terurai menjadi asam urat.

2. Apel
Apel memiliki kandungan serat makanan yang tinggi untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Serat menyerap asam urat dari aliran darah dan menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh.

Apel juga kaya akan asam malat yang cenderung menetralisir efek asam urat di dalam tubuh.

3. Ceri
Ceri memiliki komponen anti-inflamasi alami yang disebut anthocyanin. Komponen ini dapat menurunkan kadar asam urat. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rhemotology menemukan orang yang mengonsumsi ceri memiliki resiko lebih rendah.

4. Buah Sitrus (Jeruk)
Buah-buahan seperti jeruk ataupun lemon merupakan sumber yang kaya vitamin C dan asam sitrat. Mengonsumsi jeruk dapat membantu menjaga kadar asam urat yang sehat dalam tubuh, karena buah ini dapat membuang kelebihannya secara efisien. ***

Pos terkait

Google News