Cagub Rusdy Mastura Siap Majukan Sulteng dan Beri Perhatian Korban Bencana Padagimo

Pasangan Rusdy Mastura-Ma'mun Amir saat menyampaikan visi-misi dalam debat publik Pilgub Sulteng 2020, Sabtu (31/10/2020).
Bagikan Artikel Ini
  • 284
    Dibagikan

Palu, JurnalNews.id – Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) nomor urut 2 Rusdy Mastura menegaskan komitmennya untuk kerja cepat dan tuntas dalam membangun Sulawesi Tengah (Sulteng). Jika terpilih, banyak gebrakan akan dilakukan bersama Cawagub Ma’mun Amir.

Tekad Rusdy diungkapkan saat menyampaikan visi dan misi dalam debat publik terbuka Pilgub Sulteng 2020 yang disiarkanlangsung Stasiun Televisi iNews, Sabtu (31/10/2020).

Baca Juga:

Rusdy menuturkan, banyak pekerjaan besar yang mesti diselesaikan Pemerintah Provinsi Sulteng. Salah satunya, masyarakat korban gempa, tsunami dan likuifaksi Palu, Donggala, Sigi dan Parimo (Padagimo). Sampai saat ini, banyak warga yang terpaksa tinggal dalam kondisi darurat.

“Kurang lebih 53.172 KK (kepala keluarga) yang mengungsi,” kata.

Mantan wali kota Palu ini menilai, Pemprov Sulteng seharusnya hadir untuk memastikan seluruh korban gempa tersebut mendapatkan pelayanan yang prima. Rumah hunian harus segera direalisasikan terutama bagi korban yang terdampak, dalam waktu dekat.

“Ditambah lagi dampak pandemi Covid-19 mewajibkan kita untuk melakukan kerja cepat dan tuntas,” ujar dia.

Tak hanya itu, Rusdy juga menyinggung soal angka kemiskinan di Sulteng yang dinilai masih tinggi yakni 12,92 persen. Sementara, pengangguran saat ini sudah menyentuh sekitar 46.802 jiwa.

Belum lagi pelayanan kesehatan yang terbatas dan angka putus sekolah yang tinggi. Itu belum termasuk kesenjangan sosial.

“Ketimpangan wilayah timur dan Barat Sulteng terjadi akibat buruknya infrastruktur,” kata dia. Ini semua pekerjaan rumah yang akan dibenahi jika dirinya bersama Ma’mun diberi mandate oleh rakyat.

Pilgub Sulteng 2020 diikuti dua pasangan calon. Selain Rusdy-Ma’mun, kontestasi ini juga diikuti pasangan Mohammad Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala. Mereka akan bertarung memperebutkan suarat rakyat dalam Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember mendatang.[***]

loading...

Berita Lainnya

Google News