Cara Mudah Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Cara Mudah Jaga Kesehatan Sistem Pencernaanmu Agar Tak Gampang Sakit. | Foto: Pixabay/Saranya7
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Sistem pencernaan bertanggung jawab pada proses pengolahan, pemecahan, dan penyerapan nutrisi. Bila diabaikan maka Anda akan memiliki masalah nutrisi atau penimbunan sisa makanan di saluran pencernaan.

Konsumsi makanan sehat dan setelah interval yang memadai adalah salah satu cara untuk memastikannya. Namun, ada beberapa tips lain untuk menjaga usus tetap sehat. Perubahan gaya hidup sederhana bisa sangat membantu dalam mencapainya.

Baca Juga

Seperti dilansir dari laman NDTV, berikut beberapa cara agar sistem pencernaan tetap sehat.

1. Cukup Minum Air Putih
Minum banyak air akan membuat Anda terhidrasi sepanjang hari dan juga menjaga lingkungan usus Anda tetap sehat. Tubuh menggunakan air untuk mendorong limbah pencernaan keluar dari sistem.

Tubuh perlu tetap terhidrasi untuk mencegah kembung dan sembelit. Sebaiknya minum air hangat atau suhu kamar daripada air dingin.

2. Probiotik
Probiotik membawa bakteri dan ragi sehat yang dapat meremajakan sistem pencernaan. Probiotik seperti yoghurt baik untuk kesehatan usus. Begitu juga makan cokelat hitam bisa jadi sumber probiotik yang baik jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

3. Makanan Kaya Serat
Banyak ahli kesehatan merekomendasikan makanan kaya serat, seperti kacang-kacangan dan buah-buahan karena serat makanan memastikan saluran pencernaan bekerja dengan baik. Serat juga membantu melancarkan buang air besar.

4. Kunyah Makanan dengan Benar
Anda mungkin pernah mendengar orang tua sering menyatakan pentingnya mengunyah makanan dengan benar. Makan makanan dengan perlahan dan pastikan Anda mengunyahnya dengan benar. Ini membantu sistem pencernaan Anda memecah nutrisi.

5. Olahraga Secara Teratur
Berolahraga secara teratur membantu tubuh tetap bugar dan mengatasi stres yang dapat berdampak negatif pada pencernaan. Jadi, berolahragalah setiap hari. Anda bahkan bisa berjalan-jalan di pagi atau sore hari. ***

Pos terkait

Google News