Cegah Kevakuman, Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Dipercepat dari Jadwal

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
Pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Longki Djanggola-Sudarto saat kampanye terakhirnya di Lapangan Vatulemo, Kota Palu, Sabtu (5/12/2015). (Foto: Dok/Jurnalsulteng)

Palu, Jurnalsulteng.com – Guna mencegah terjadinya kevakuman pemerintahan, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah terpilih periode 2016-2021, Longki Djanggola dan Sudarto, dipercepat sehari dari jadwal semula yakni 17 Juni menjadi 16 Juni 2016, sekira Pukul 10.00 WIB.
(Baca Juga: Gubernur Sulteng Dipastikan Dilantik 17 Juni )

“Istana menghedaki pelantikan tanggal 16 Juni pada saat saya dan pak Darto (Sudarto) berakhir masa jabatan pada hari itu. Kalau pelantikan tanggal 17 Juni berarti ada kevakuman pemerintahan dari jam 00.01 sampai pelantikan 17 Juni tersebut,” demikian penjelasan Gubernur Longki Djanggola, Senin (13/6/2016) malam.

Baca Juga:

Sebelum pelantikan, Longki akan mengikuti rapat koordinasi dengan pihak Istana Negara dan Kemendagri.

Sedangkan prosesinya pelantikan juga sama seperti acara pelantikan sejumlah gubernur lain di Indonesia yang sudah dilakukan sebelumnya.

Advertisements

Pasangan Petahana Longki Djanggola–Sudarto terpilih kembali menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Periode 2016-2021 setelah memenangkan pemilihan dalam Pilakda Seretnak 9 Desember 2015 lalu.

Advertisements

Pada Pilkada serentak itu, satu pasangan calon lainnya juga ikut serta yakni Rusdi Mastura-Ihwan Datu Adam.

KPU Sulteng memenangkan pasangan Longki-Sudarto dengan selisih suara tipis, yakni 54 persen dan 46 persen.
(Baca Juga: Berikut Bukti Rakyat Masih Menginginkan Longki-Sudarto )

Pasangan Rusdi-Ihwan sempat mengajukan gugatan ke sejumlah lembaga peradilan termasuk ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun baik MK maupun lembaga peradilan lainnya menolak gugatan tersebut. (***)
(Baca Juga: ‘Saktinya’ Pasal 158 Kandaskan Gugatan Rusdi-Ihwan )

Rep; Sutrisno
Red; Agus M

Advertisements
Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News