Cegah Penularan Covid-19 Pada Anak Belum Divaksin dengan 4 Langkah Ini

  • Whatsapp
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu ikhtiar besar dalam melindungi diri dari penularan virus Corona. Namun, sejauh ini penyuntikan vaksin belum bisa diberikan kepada anak berusia di bawah 12 tahun.

Khusus untuk kelompok usia ini, dokter spesialis anak Good Doctor, dr Natasya Ayu Andamari mengatakan ada beberapa upaya lain yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan perlindungan dari paparan Covid-19.

Baca Juga

“Pertama, menjaga asupan nutrisi dengan menerapkan pola makan bergizi seimbang. Kedua, yang sepertinya terdengar simple tapi ternyata krusial adalah tidur,” ungkap dr Natasya seperti dikutip dari akun Instagram @gooddoctor.id, Minggu 5 September 2021.

Ia menambahkan, orang tua perlu memastikan anak-anak mereka mendapatkan tidur malam yang cukup. Tidur lebih cepat dan kecukupan tidur dapat membantu meningkatkan imunitas anak.

Selain itu, kata Natasya, hal yang tak kalah penting adalah imunisasi. Menurut dr Natasya, penting bagi orang tua untuk melengkapi imunisasi-imunisasi yang belum diberikan kepada anak mereka.

Terakhir, lanjut dia, penerapan protokol kesehatan juga dapat membantu memberikan perlindungan bagi anak.

Misalnya, membantu anak menggunakan masker, mengajarkan anak untuk rajin mencuci tangan, dan menjauhkan anak dari kerumunan.

“Tidak melepas masker di tempat umum,” ujarnya. ***

Berita Terkait

Google News