Cek Pendaftaran PPPK Guru Tahap III, Berikut Syarat Daftar dan Tahapan Seleksi

Tangkap layar laman PPPK Guru Kemendikbud.
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Pendaftaran dan seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap III rencananya akan mulai dilakukan pada Januari 2022.

Simak di sini Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap III akan segera dimulai. Ini jadi kabar gembira buat kamu.

Baca Juga

Bagi Anda yang sebelumnya gagal pada seleksi kompetensi PPPK Guru tahap I dan II bisa mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi PPPK tahap III.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan segera membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap 3 pada 2022.

Pengumuman lebih lanjut mengenai seleksi kompetensi III PPPK Guru 2022 ini akan disampaikan usai pengumuman hasil pasca sanggah PPPK tahap II diumumkan.

Pengumuman hasil sanggah PPPK tahap II baru akan disampaikan pada 6 Januari 2022. Setelah sebelumnya hasil ini akan diumumkan pada 31 Desember 2021, namun karena adanya sebab tertentu waktu pengumuman diundur.

Pendaftaran PPPK tahap III menjadi seleksi terakhir bagi calon PPPK. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Untuk bisa diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN), pelamar harus melakukan pendaftaran akun melalui di laman Badan Kepegawaian Negara https://sscasn.bkn.go.id.

Selanjutnya, harus dipastikan ijazah / latar belakang pendidikan telah terverifikasi melalui INFO GTK (https://info.gtk.kemdikbud.go.id).

Dilansir dari Permenpan RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021, berikut syarat untuk daftar PPPK tahap III.

Seleksi Kompetensi III dapat diikuti oleh pelamar dengan kriteria sebagai berikut:

– Pelamar dari tenaga honorer kategori II atau THK-II yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II

– Guru non-ASN yang terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II

Guru swasta yang terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II

– Lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang tidak lulus seleksi kompetensi II

Untuk bisa mendaftar dan memilih formasi dalam seleksi kompetensi tahap III PPPK Guru 2022, peserta bisa kembali mendaftar formasi melalui sscasn.bkn.go.id.

Pelamar disebutkan dapat memilih kebutuhan PPPK di seluruh sekolah wilayah Indonesia yang belum terpenuhi pada seleksi kompetensi I dan II sesuai sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan pelamar.

Peserta kemudian melakukan Cetak kartu peserta ujian. Peserta akan memperoleh lokasi dan jadwal ujian setelah melakukan pendaftaran.

Jika yang dipilih mata pelajaran dan jenjang yang sama, maka nilai yang sudah diperoleh pada ujian tahap I dan II sudah melebihi ambang batas, masih bisa digunakan. Jenis Seleksi PPPK tahap 3:

– Seleksi Kompetensi Teknis
– Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural
– Seleksi wawancara. ***

Pos terkait

Google News