Corona B117 dari Inggris Ditemukan di Karawang

  • Whatsapp
Ilustrasi | Foto: Getty Images/iStockphoto/detikinet
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono mengumumkan mutasi virus Corona B117 Inggris sudah masuk Indonesia.

Hal tersebut juga dikonfirmasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan menyebutkan, bahwa varian baru virus corona (Covid-19) dari Inggris berkode B117 telah ditemukan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga

Berbicara di Rumah Sakit Pusat Universitas Padjadjaran, Kang Emil, sapaan akrabnya mengatakan pemerintah provinsi saat ini tengah melakukan pelacakan lebih lanjut untuk mengantisipasi penyebaran mutasi baru itu.

“Varian baru virus corona diberikan sudah ada di indonesia, masuk Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad untuk meneliti¬†UK B117 ini,” kata Emil, Rabu 3 Maret 2021.

Emil mengatakan koordinasi dengan universitas untuk mengetahui secara pasti apakah perlakuan protokol kesehatan Covid-19 masih berlaku sama atau tidak bagi pasien yang teridentifikasi mutasi baru ini.

“Apakah sama perlakuan 3M dan 3T ini ? kami mohon agar ada penelitian, sehingga kami selaku pengambil keputusan secara tepat bisa merespon dengan cara terukur,” kata Emil.

Meski demikian, Emil mengimbau agar warga tetap tenang dan tak panik. Langkah antisipasi telah dilalukan sejak awal karena satgas telah memprediksi bahwa virus ini akan bermutasi.

“Ikhtiar kita sesuaikan dan kita tingkatkan,” jelasnya seperti dilansir CNBCIndonesia.com.

Lantas, apa itu Corona B117 Inggris?

Berikut sejumlah fakta mengenai Corona B117, seperti dilansir detikINET dari berbagai sumber, Rabu 3 Maret 2021.

Berita Terkait

Google News