Cuaca Ekstrem, BNPB Himbau Seluruh Pemda Waspada Bencana

[Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 324
    Shares

Jakarta, JurnalNews.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan empat imbauan kepada setiap pemerintah daerah melalui BPBD yang terdapat di setiap provinsi untuk antisipasi potensi bencana akibat cuaca ekstrem pada Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo pada penghujung tahun hingga awal 2020 akan terjadi cuaca ekstrem, khususnya curah hujan tinggi yang akan mengakibatkan banjir, longsong dan puting beliung.

Baca Juga

Karena itu, BNPB mengimbau agar setiap daerah meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi kejadian bencana akibat cuaca ekstrem di wilayah masing-masing.

Loading…

“Melaksanakan koordinasi kesiapsiagaan dengan seluruh potensi penanggulangan bencana daerah, dan melaporkannya kepada Kepala Daerah masing-masing,” ucap Agus, Jumat (20/12/2019).

Lebih lanjut, Agus menyebutkan bahwa setiap pemerintah daerah harus mendirikan posko BPBD siaga yang disertai dengan pengerahan personel, dan peralatan penanggulangan bencana.

“Di titik-titik rawan bencana, jalur mudik, kawasan wisata dan kawasan vital lainnya dengan berkoordinasi dengan satuan kewilayahan TNI dan Polri,” ucapanya yang dilansir Okezone.

Terakhir, Agus berharap setiap pemerintah daerah mampu membangun komunikasi dengan daerah lainnya untik saling mendukung penyelenggaraan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi potensi ancaman bencana akibat cuaca ekstrem dan gangguan lainnya. [***]

 

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA