Cuaca Ekstrem Meningkat, BMKG Peringatkan Potensi Multi Bencana Hidrometeorologi

  • Whatsapp
Tingginya curah hujan mengaibatkan banjir yang menggenangi salah satu wilayah Kabupaten Donggala, Minggu 24 januari 2021. | Foto: Facebook/Habil Masri
Bagikan Artikel Ini
  • 51
    Dibagikan

JurnalNews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian besar wilayah Indonesia yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim saat ini telah memasuki puncak musim hujan seperti yang telah diprediksikan sejak Oktober 2020 lalu.

Puncak Musim Hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021, untuk itu perlu diwaspadai terjadinya cuaca ekstrem.

Lihat Juga

“Kami mengimbau masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi¬†cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode Puncak Musim Hujan ini,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang dikutip JurnalNews dari laman BMKG, Senin 25 Januari 2021.

Dwikorita mengatakan, sebagian besar wilayah yang berada pada Puncak Musim Hujan tersebut diantaranya, sebagian Sumatera bagian Selatan, sebagian besar Jawa.

Kemudian, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

“Puncak musim hujan di wilayah tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021,” sebutnya.

Pada periode musim hujan dan puncak musim hujan ini juga sering terjadi peristiwa cuaca ekstrem dengan curah hujan kategori lebat hingga sangat lebat.

Berita Terkait

Google News