Curah Hujan di Sulteng Masih Tinggi

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Palu, Jurnalsulteng.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih memprediksikan curah hujan di beberapa wilayah Sulawesi Tengah masih tinggi sehingga perlu mendapat perhatian masyarakat di daerah itu.

Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Palu, Kasiron, Minggu (19/2/2017) mengingatkan masyarakat dan para nelayan di sejumlah wilayah di Sulteng untuk tetap waspada karena curah hujan masih tinggi.

Baca Juga

Selain tingginya curah hujan di beberapa wilayah Sulteng, juga disertai tiupan angin kencang dan petir.

Demikian pula gelombang laut beberapa daerah ada yang mencapai hingga dua meter sehingga sangat berisiko bagi kapal atau perahu nelayan yang berukuran kecil.

Karena itu, perlu lebih berhati-hati saat hendak melakukan kegiatan menangkap ikan di laut.

Sejumlah wilayah di Sulteng yang masih memiliki potensi hujan lebat antara lain Kabupaten Sigi di daerah Palolo, Dataran Napu di Kabupaten Poso, Parigi Moutong, Donggala, Banggai, Tolitoli dan Morowali.

Juga intensitas hujan sedang terjadi di wilayah Kota Palu dan sekitarnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Bartholomeus Tandigala juga mengingatkan petugas BPBD di seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini agar tetap waspada dan siaga.

Meski kurun dua bulan terakhir ini, belum ada terjadi bencana alam di Sulteng, tetapi tetap siaga karena hampir semua wilayah Sulteng rawan banjir, tanah longsor dan gempa bumi.

Apalagi,kata dia, curah hujan di beberapa wilayah di Sulteng dalam beberapa hari ini cukup tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu terjadi bencana longsor dan banjir.

Masyarakat yang bermukim di daerah-daerah aliran sungai maupun perbukitan juga diimbau untuk tetap waspada karena bencana seperti banjir dan tanah longsor bisa terjadi sewaktu-waktu saat intensitas hujan meningkat.[***]

Source; Antarasulteng.com

Berita Terkait

Google News