Curah Hujan Tahun Ini Lebih Tinggi, Berikut Penjelasan BMKG

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Dwikorita Karnawati, memberikan penjelasan mengenai curah hujan yang tinggi di tahun 2022 ini. | Dok. BMKG
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerangkan, outlook iklim tahun 2022. Outlook itu dibuat berdasarkan analisis iklim tahun 2021 dan situasi dinamika atmosfer global.

Adapun hasilnya, curah hujan tahunan pada tahun 2022 diprakirakan sedikit lebih tinggi ketimbang dengan normalnya. Kondisi normal yaitu rata-rata kondisi iklim dalam periode referensi pada tahun 1981-2010.

Baca Juga

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, rata-rata wilayah Indonesia memperoleh normal curah hujan tahunan sebesar 2000 mm dengan variasi secara keruangan antara 500 mm hingga 4000 mm per tahun.

Tetapi, pada tahun 2022, jumlah curah hujan tahunan yang turun diprediksi lebih dari 2500 mm.

“Kondisi tersebut berpotensi terjadi di sejumlah wilayah antara lain, Sumatra utamanya sekitar pegunungan bukit barisan, sebagian Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, Sulawesi dan Papua,” ujarnya, di Jakarta, Rabu 12 Januari 2022.

Sedangkan, curah hujan tahunan kurang dari 1500 mm berpotensi terjadi di NTB, NTT dan Sulawesi Tengah.

Sementara itu, berkenaan sebaran hujan bulanan pada tahun 2022, BMKG memprediksi bahwa curah hujan sepanjang bulan Januari hingga Oktober secara umum akan sedikit lebih tinggi dibandingkan normalnya.

Sedangkan pada bulan November dan Desember curah hujan diprediksi sedikit lebih rendah dibanding normalnya.

Jika dibandingkan dengan curah hujan pada tahun 2021, kata dia, maka secara umum curah hujan tahun 2022 diprediksi akan lebih rendah, khususnya di bulan Januari, Maret, Mei, September, Oktober, dan November 2022.

Kemudian, dalam hal tren suhu, Dwikorita mengungkapkan bahwa suhu tahun 2022 akan jauh lebih tinggi dibanding rata-rata normalnya (sebesar 26,6 °C). Tren kenaikan suhu juga terjadi secara terus-menerus di Tanah Air. ***

Pos terkait

Google News