Debat Publik Pilkada Tolitoli Digelar di Palu, Dianggarkan Rp900 Juta

[Ilustrasi Debat]
Bagikan Artikel Ini
  • 166
    Dibagikan

Tolitoli, JurnalNews.id – Debat publik terbuka calon Bupati dan calon Wakil Bupati (Cabup/Cawabup) Tolitoli akan digelar di Kota Palu, pada Minggu (1/11 2020) besok. KPU Tolitoli menggelontorkan biaya Rp900 juta untuk pelaksanaan debat yang jarak tempuh sekira 500 kilometer dari Ibukota Kabupaten Tolitoli itu.

Komisioner KPU Tolitoli Divisi Sosialisasi pendidikan pemilih Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM, Muhadir mengatakan, sesuai dengan PKPU, salah satu agenda tahapan Pilkada yakni debat kandidat pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Tolitoli 2020.

Baca Juga:

Menurut Muhadir, debat publik terbuka yang pertama akan digelar di Kota Palu dan disiarkan secara langsung di salah satu jaringan stasiun televisi nasional, dengan gunakan anggaran keseluruhan sebesar Rp900 juta.

“Anggaran yang disediakan untuk debat publik terbuka sebesar Rp900 juta, sudah termasuk memfasilitasi tiga kandidat cabup dan cawabup ke Palu,” katanya saat dikonfirmasi JurnalNews, Jumat (30/10/2020).

Muhadir menjelaskan, penyelenggaraan debat terbuka di Kota Palu yang disiarkan secara langsung di salah satu stasiun televisi itu sebagai upaya untuk menghemat anggaran. Alasannya, jika dilaksanakan di Tolitoli pemilik stasiun televisi akan meminta budget yang lebih besar, karena harus mendatangkan peralatan jaringan dan crew.

“Kalau debatnya dilaksanakan di Tolitoli pemilik stasiun televisi agak repot mendatangkan peralatan dan jaringan serta crew, sehingga alternatifnya sesuai kesepakatan komisioner KPU dan rujukan dari KPU Propinsi Sulteng, debatnya dilaksanakan di Palu,” dalihnya.

Debat Publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tolitoli 2020 ini akan digelar pada Minggu, 1 November 2020.

Untuk diketahui, tiga pasangan calon yang akan berdebat yakni Abdul Rahman H. Budding berpasangan dengan Moh. Faisal Bantilan dengan nomor urut 1, pasangan Muchtar Deluma berpasangan dengan Bakri Idrus dengan nomor urut 2 dan pasangan Amran Hi Yahya berpasangan dengan Moh. Besar Bantilan dengan nomor urut 3.

Debat Publik Pilkada Kabupaten Tolitoli dilaksanakan di Kota Palu mengambil tema Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah. [***]

Penulis: Rahmadi Manggona
Editor: Khaerudin S

loading...

Berita Lainnya

Google News