DEMA IAIN Palu Dukung Polri Berantas Hoax dan Ujaran Kebencian

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Salah satu yang cukup fenomenal belakangan ini adalah maraknya penyebaran hoax dan ujaran kebencian, yang sangat memprihatinkan.

“Kami sangat mendukung upaya Polri dalam memberantas ujaran kebencian dan hoax secara tegas dan tanpa kecuali. Karena ujaran kebencian dan hoax menciptakan ketidaknyamanan di masyarakat dan institusi kenegaraan,” kata Presma DEMA IAIN Palu, M. Shadiq Muntasir dalam keterangannya, Minggu 18 April 2021.

Baca Juga

Menurut Shadiq, perlu edukasi di masyarakat agar penggunaan sosial media lebih mengedepankan validitas sebuah berita.

“Sehingga tak asal sebar berita. Kita perlu melakukan tabayun, atau yang secara bahasa disebut mencari kejelasan tentang sesuatu hingga jelas benar keadaannya,” jelasnya.

Dalam menggunakan sosial media, sebisa mungkin masyarakat kita juga harus menghindari perdebatan kusir.

“Sebab hal itu juga salah satu sumber yang memicu terjadinya saling melemparkan ujaran kebencian,” tambahnya.

Harmonisasi masyarakat kita sejatinya sudah cukup baik, tapi kita tidak bisa pungkiri bahwa belakangan dalam dunia sosial media kita ditampilkan dengan fenomena saling lempar ujaran kebencian, tentu ini tidak dikehendaki oleh agama manapun.

Terakhir, kesempatan yang diberi pemerintah untuk kita melakukan aktivitas sosial ditempat umum, harus disambut dengan baik, yakni dengan tetap menaati protokol kesehatan. ***

Berita Terkait

Google News