Desa Dampala Kabupaten Morowali Banjir, Sejumlah Warga Dievakuasi

  • Whatsapp
Tim Rescue unit Siaga SAR Morowali mengevakuasi warga Desa Dampala yang terjebak banjir, Kamis (16/7/2020). [Basarnas Palu]
Bagikan Artikel Ini
  • 325
    Shares

 

Morowali, JurnalNews.id – Tingginya intentitas hujan yang terjadi akhir-akhir ini di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), khususnya di Kabupaten Morowali, mengakibatkan sejumlah sungai di wilayah itu meluap dan menyebabkan banjir.

Baca Juga

Akibat meluapnya air sungai, Desa Dampala, Kecamatan Bahodopi diterjang banjir dan sejumlah warga harus dievakuasi, Kamis (16/7/2020).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, banjir di wilayah tersebut terjadi sekira Pukul 09.00 Wita.

Kepala Basarnas Palu Andrias Hendrik Johannes melalui Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga Andi Sultan, SE, mengatakan, untuk membantu warga yang terdampak banjir telah diberangkatkan satu tim rescue Unit Siaga SAR Morowali yang berjumlah 4 orang, ke lokasi kejadian.

Advertisements

“Setelah menerima laporan, langsung diberangkatkan satu tim Rescue ke Desa Dampala untuk membantu warga yang terdampak banjir,” terang Andi Sultan, dalam keterangannya pada Kamis (16/7/2020) sore.

Tim yang dikirim dilengkapi dengan perahu karet untuk mengevakuasi warga.

Setibanya di lokasi, tim rescue langsung berkoordinasi dengan aparat setempat untuk selanjutnya tim melakukan pemantauan di area-area yang terdampak luapan air sungai.

Advertisements

Andi Sultan menyebutkan, laporan awal yang diterima, ketinggian air yang menggenangi pemukiman warga mencapai 1 meter.

“Jumlah warga yang terdampak sebanyak 52 KK (175 jiwa). Hingga saat ini dilaporkan kondisi cuaca di lokasi masih hujan deras,” jelasnya.

Dari hasil pemantauan di lokasi, ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. Sejumlah akses jalan di Desa Dampala juga terputus.

Sebanyak 2 KK yang terdiri dari 4 orang dewasa dan satu anak-anak yang terjebak banjir telah dievakuasi.

“Kita berharap hujan segera reda sehingga banjir juga segera surut,” katanya.

Unsur yang terlibat tim rescue Unit Siaga SAR Morowali yakni TNI AD, Polres Morowali, Polsek Bahodopi dan BPBD setempat. [***]

Advertisements

Editor: Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News