Desa Olaya dan Boyantongo di Parigi Moutong Terendam Banjir

  • Whatsapp
Banjir di sejunlah lokasi di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulteng, Selasa (14/7/2020). [Ist]
Bagikan Artikel Ini
  • 411
    Shares

 

Parigi, JurnalNews.id – Banjir bandang kembali menerjang dua desa di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah. Akibatnya, pemukiman warga di dua desa itu, yakni Desa Olaya dan Boyantongo, terendam air.

Baca Juga

Banjir diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi di wilayah selatan Kabupaten Parimo sejak Senin (13/7/2020) malam. Air dari Sungai Korontua Desa Olaya, Kecamatan Parigi dan Sungai Dolago di Desa Boyantongo, Kecamatan Parigi Selatan, meluap hingga ke badan jalan Trans Sulawesi.

Jalaluddin, warga Olaya menuturkan, meluapnya Sungai Korontua mengakibat sejumlah penyangga ikut terbawa arus, hingga masuk ke rumah warga yang berada di dekat sungai.

“Sekira Pukul 4 pagi air mulai naik, karena derasnya hujan sejak malam. Warga langsung menyelamatkan sejumlah barang berharga di tempat yang cukup tinggi,” bebernya seperti dilansir dari MAL Online, Selasa (14/7/2020) siang.

Advertisements

Menurutnya, kurang lebih 30 rumah warga yang terendam dengan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

Advertisements

Sejauh ini, sejumlah warga sudah mengungsi di beberapa titik, di antaranya di Kantor Bulog dan dataran tinggi lainnya.

Warga lainnya di Desa Boyantongo, Rais Wotu, mengatakan, beberapa hari lalu, enam rumah diseret banjir, ditambah lagi lima rumah menyusul terseret.

“Sekarang jalur air semakin luas diakibatkan adanya rumah yang terseret, kondisi ini sangat parah dibandingkan dengan banjir sebelumnya,” terangnya.

Advertisements

Ia berharap, penanganan yang dilakukan oleh Pemkab lebih serius lagi, utamanya normalisasi sungai. [***]

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News