Didi Kempot dan ‘’Prapatan Sleko’’

  • Whatsapp
Didi Kempot
Bagikan Artikel Ini
  • 33
    Shares

Oleh: Joko Intarto
Bukalah Youtube. Ketik kata kunci ‘’Prapatan Sleko’’. Anda akan menemukan sebuah lagu terkenal ciptaan Didi Kempot, tujuh tahun lalu. Mengapa ada scene Dahlan Iskan dan istrinya, Nafsiah Dahlan, dalam klip lagu itu?

Prapatan Sleko, perempatan jalan di kota Madiun itu punya kenangan tersendiri bagi Dahlan Iskan. Inilah lokasi favorit bagi Dahlan saat masih bocah.

Baca Juga

Di Prapatan Sleko itu berdiri pasar Sleko. Dahlan selalu berharap kakaknya yang bersekolah di Madiun membawakannya oleh-oleh dari pasar itu, saat pulang ke Magetan.

Keinginan Dahlan untuk melihat kota Madiun akhirnya kesampaian. Itulah untuk kali pertama Dahlan melihat ramainya kota Madiun dan hiruk-pikuk perdagangan di pasar Sleko.

Ia merasa senang seharian berdiri di perempatan itu, meski impiannya untuk membawa pulang sepasang sepatu tak kesampaian.

Cerita itu dituturkan Dahlan kepada Didi Kempot saat bertemu di posko pemenangan Dahlan Iskan dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat, tahun 2013. Saya ikut mendengarkan cerita Dahlan di ruangan itu.

Mendengar cerita itu, Didi Kempot secara spontan mendapat inspirasi. Cerita Dahlan melahirkan sebait syair lagu yang kemudian terkenal dengan judul ‘’Perempatan Sleko’’.

Sembari mendengarkan cerita masa kecil Dahlan, mulut Didi Kempot tampak terus komat-kamit. Sesekali ia menyenandungkan nada-nada lagu. Rupanya itulah proses inspirasi cerita menjadi nyanyian.

Hari itu Didi Kempot seharian berada di posko. Ia terus mengulang-ulang notasi lagu yang baru saja diciptakan. Sesekali ia mencorat-coret lembaran kertas. Ternyata ia sedang menyusun syair ‘’Perempatan Sleko’’.

Menjelang malam, Didi Kempot meninggalkan posko dengan senyum mengembang. Lagu ‘’Perempatan Sleko’’ telah berhasil ia ciptakan: nada lagunya dan syairnya. Yang lebih membuatnya senang, Dahlan setuju menjadi ‘artis’ pengisi klip lagu barunya itu.

Penasaran dengan lagunya? Buka saja link-nya di bawah ini:
Selamat jalan Mas Didi Kempot… Terima kasih untuk kebersamaan kita, saat itu.[***]

 

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News