Diduga Mencuri Tembaga Batangan di PT. IMIP, Dua Warga Bahomakmur Ditangkap

  • Whatsapp
Kapolsek Bahodopi IPTU Zulfan, SH (kiri) menunjukkan barang bukti berupa tembaga batangan yang dicuri para pelaku di area PT. IMIP, di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali. | Foto: Istimewa
Bagikan Artikel Ini
  • 63
    Dibagikan

JurnalNews – Dua orang yang diduga melakukan pencurian di Area PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, berhasil diringkus, pada Sabtu malam, 9 Januari 2021.

Kedua pelaku yang ditangkap berinisial RT (26) dan IK (33) yang merupakan warga Desa Bahomakmur, Kecamatan Bahodopi.

Lihat Juga

Sedangkan tiga rekannya, berhasil melarikan diri ke hutan di area kawasan industri PT IMIP.

Kapolsek Bahodopi IPTU Zulfan, SH menuturkan, kronologis penangkapan terhadap pelaku berawal saat scurity PT IMIP melakukan patroli malam di kawasan tersebut.

“Sekira Pukul 01.00 Wita, scurity memergoki pelaku yang berjumlah lima orang sedang mengangkat Tembaga Batangan ke dalam mobil Xenia warna silver, di Area Kawasan Industri PT. IMIP Side Morowali, tepatnya di Gudang Tsingsan (Group),” jelas Kapolsek Bahodopi dalam keterangannya, Senin 11 Januari 2021.

Saat itu petugas security berhasil mengamankan 2 orang terduga pelaku. Sedangkan 3 orang lainnya berhasil melarikan diri ke dalam hutan di dalam Area kawasan Industri PT. IMIP.

“Pelaku ada lima orang, tapi yang tiga orang berhasil kabur saat akan ditangkap scurity yang bertugas malam itu,” sambung Zulfan.

Ketiga pelaku yang kabur yakni DL, MK dan ED, yang juga tercatat sebagai warga Desa Bahomakmur.

IPTU Zulfan menuturkan, tembaga batangan yang dicuri pelaku merupakan material untuk pembagunan PLTU Tahap VI di Desa Labota di Area Kawasan Industri PT. IMIP Side Morowali Kecamatan Bahodopi.

Adapun barang bukti yang diamankan, 47 batang tembaga batangan dengan panjang masing-masing 3 meter dan 1 unit mobil Xenia, Warna Silver No Pol: DT 1614 GH.

“Harga tembaga itu Rp930 ribu per batang. Jika dikalikan totalnya mencapai Rp43.710.000,” sebut Zulfan.

Kepada tersangka akan dikenakan Pasal 363 Ayat (1) ke-3e dan 4e KUHP Subsider Pasal 362 KUHP.

“Untuk proses lebih lanjut, saat ini kedua tersangka ditahan di Rutan Polsek Bahodopi, terhitung mulai Tanggal 11-30 Januari 2021,” tutup Zulfan.***

Berita Terkait

Google News