Dinkes Palu Imbau Warga Waspada DBD

[Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 64
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Dinas Kesehatan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), mengimbau warga untuk waspada terhadap demam berdarah dengue (DBD) yang biasanya muncul saat musim hujan.

Dikutip dari Antara, Kepala Didang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Muh Saleh Amin, Jumat (17/1/2020), di Palu mengatakan DBD merupakan salah satu penyakit yang dapat membahayakan kesehatan jika seseorang terserang dan tidak segera mendapatkan perawatan.

Baca Juga

Memuat...

Karena itu, warga harus waspada dan segera memeriksakan diri kepada dokter jika sakit dengan gejala-gejala tertentu.

Gejala yang lazim adalah suhu badan panas tinggi dan tidak turun dalam beberapa hari. Juga penderita merasa pusing dan muntah-muntah.

Kalau ada warga yang sakit dengan gejala-gejala dimaksud, secepatnya memeriksakan diri kepada dokter terdekat agar bisa segera mendapat pengobatan.

Kota Palu selama ini cukup rawan DBD, khususnya saat musim hujan. Sekarang ini beberapa wilayah di Sulteng sedang diguyur hujan sehingga perlu mendapat perhatian dari masyarakat, termasuk di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar menjaga lingkungan dan tempat tinggal dari potensi-potensi perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti yang menyebarkan virus dengue melalui gigitan.

Untuk mencegah DBD, kata dia, Dinkes Palu dibantu pihak puskesmas, kelurahan dan kecamatan terus melakukan sosialisasi kepada warga untuk selalu menerapkan 3 M, yakni menguras tempat penampungan air, menutup dan mengubur benda-benda yang dapat menampung air seperti kaleng bekas dan sejenisnya.

Beberapa wilayah yang terbilang selama ini banyak ditemukan kasus DBD antara lain Kecamatan Palu Selatan, Kecamatan Palu Barat, Palu Timur, Tatanga dan Mantikulore.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat menyebutkan kurun Januari-Februari 2019 tercatat ada sekitar 100 warga yang terserang DBD dan empat diantaranya meninggal karena terlambat dibawah ke rumah sakit, demikian Muh Saleh Amin. [***]

loading...

Berita terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA