DPD Usul Ibukota Pindah ke Indonesia Timur

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Jakarta, Jurnalsulteng.com- Ibukota negara sebaiknya dipindahkan ke wilayah Indonesia bagian timur. Salah satu alasannya agar terjadi pemerataan pembangunan.

“Ketua DPD (Irman Gusman) usulkan pindah saja ke timur dengan alasan pemerataan pembangunan, pembagian lapangan kerja,” kata Sekjen DPD Prof. Sudarsono Hardjoesoekarto dalam diskusi bertajuk ‘Ibukota Pindah ke Mana’ yang digelar di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta, Minggu (7/6/2015).

Baca Juga:

Menurutnya, pemerintah harus merancang dengan sebaik-baiknya soal lokasi baru dan waktu pemindahan ibukota. Agar tidak terulang lagi kendala-kendala sebagaimana yang dialami Jakarta saat ini.

“Tampilan wajah DKI Jakarta sebagai ibukota tidak ada yang berarti, sementara urbanisasi luar biasa. Sampah, air, kesehatan, pendidikan saja belum tersentuh sejak kemerdekaan sampai sekarang,” beber Sudarsono.

Advertisements
Advertisements

Pemindahan ibukota tidak dapat diputuskan secara emosional dan buru-buru karena harus dilakukan dengan mempersiapkan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan dari sebuah ibukota.

“Wacana pemindahan harus mampu melihat kelayakan dari Jakarta saat ini sebagai ibukota.  Pemindahan ibukota harus dilakukan dengan adanya sistem pengelolaan wilayah yang baik, mulai dari pengelolaan lingkungan, kesehatan, dan pendidikan dalam masyarakat,” kata Guru Besar Universitas Indonesia tersebut

Untuk itu, lanjutnya, perlu kajian mendalam dari pihak-pihak terkait sebelum memindahkan ibukota negara ke luar Jakarta.
 
“Dikaji saja dulu. Kalaupun kita mau bisa juga NTB, NTT. Harus studi yang dalam, jangan buat spekulasi. Sebaiknya di luar Jawa, Jawa sudah berat bebannya beberapa tahun terakhir,” jelas Sudarsono.[***]

Advertisements

Sumber; Rmol

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News