DPR Aklamasi Tetapkan Komjen Idham Azis Jadi Kapolri

Calon Kapolri Komjen Idham Azis mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang digelar Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu (30/10/2019). [CNNIndonesia]
Bagikan Artikel Ini
  • 45
    Shares

Jakarta, Jurnalnews.id – Komisi III DPR dalam agenda pengambilan keputusan tingkat I menyetujui Komjen Pol Idham Azis diangkat sebagai kapolri menggantikan Tito Karnavian. Keputusan tersebut diambil secara aklamasi atau mendapat persetujuan dari sembilan fraksi yang ada di Komisi III DPR.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, seusai menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Idham Azis di ruang rapat Komisi III DPR Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (30/10/2019). “Semua fraksi berksimpulan bahwa tidak perlu membuat pandangan fraksi namun keputusan melalui ketua kelompok komisi, yaitu aklamasi,” kata Herman.

Baca Juga

Loading…

Politikus PDIP itu menyampaikan, sembilan fraksi di Komisi III menilai Idham berhasil menjalani proses uji kepatutan dan kelayakan dengan baik. Atas keputusan tersebut, Komisi III akan segera bersurat kepada pimpinan DPR untuk ditindaklanjuti ke tahap selanjutnya, yaitu pengambilan keputusan tingkat II di sidang paripurna.

“Aklamasi untuk menyetujui Komjen Idham Azis sebagai Kapolri yang mana kita langsung sore ini pada keputusan tingkat I. Sore ini kami langsung bersurat kepada pimpinan DPR untuk dibawa ke paripurna besok,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Idham menyatakan akan berkomitmen penuh jika nanti sudah resmi menjabat sebagai kapolri.

“Pelaksaanan rangkaian fit and proper test, sekali lagi di dalam ruang yang mulia dan tehromat ini, izinkan saya memberikan suatu komitmen saya, akan melaksanakan tugas secara baik dan penuh rasa tanggung jawab melalui slogan pengabdian yang terbaik untuk institusi Polri,” ujar Idham yang dikutip iNews.id. [***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA