Dua ABK KM Sabuk Nusantara Reaktif Positif Rapid Test di Tolitoli

  • Whatsapp
Penyemprotan disinfektan di KM Sabuk Nusantara 97 saat berlabuh di Palabuhan Pelabuhan DedeTolitoli, Rabu (13/5/2020). [R. Manggona]
Bagikan Artikel Ini
  • 1
    Share

Tolitoli, JurnalNews.id – Dari 21 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Muatan (KM) Sabuk Nusantara 97 dalam pemeriksaan metode Rapid test terkait virus corona atau covid-19, 2 ABK terkinfirmasi reaktif postif repid test, Rabu (13/5/2020).

Pemeriksaan kesehatan terhadap 20 ABK KM Sabuk Nusantara yang berlabuh di Pelabuhan DedeTolitoli usai berlayar dari Tarakan dilakukan tim medis dari Pukesmas Kota dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, di Terminal pelabuhan Dede.

Baca Juga

“20 ABK kita rapid test di terminal pelabuhan dengan menggunakan APD lengkap. Hasilnya 2 ABK dinyatakan reaktif positif postif repid test,” kata kepala Puskesmas Kota, Ukkas H. Akil. S. Kep.

Ia menjelaskan, usai melaksanakan repid test terhadap 21 ABK, pihaknya langsung kordinasi dengan TNI AL agar dapat mengawasi semua ABK jangan sampai ada yang beraktifitas di luar kapal.

“Soal penanganan 20 ABK kita serahkan ke Lanal Tolitoli,” ujarnya.

Sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan, pihak TNI AL Tolitoli melaksanakan penyemprotan disinfektan, kemudian dilakukan pengecekan suhu tubuh dan kemudian dilakukanrepid test terhadap 21 ABK dan crew KM Sabuk Nusantara.

Semua barang yang turun dari kapal dilakukan penyemprotan sebelum diambil oleh pemiliknya. Dari hasil kordiansi dengan Nahkoda, Kacab Pelni dan Tim Satgas, diputuskan kapal langsung diberangkatakan menuju pelabuhan Kwandang, pada Rabu (13/5/2020) malam. [***]

Penulis: Rahmadi Manggona

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News