Dua Wakil Kepala Daerah di Sulteng “Rebutan” Tinta Emas Zulkifli Hasan

Wagub Sulteng Rusli Dg Palabbi (kiri) dan Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said. Kedua wakil Kepala Daerah di Sulteng yang juga kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini sama-sama mendapatkan rekomendasi untuk bertarung di Pilkada Gubernur Sulteng 2020. [Kolase JurnalNews]
Bagikan Artikel Ini
  • 99
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Eskalasi politik jelang kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulteng Tahun 2020, bakal seru dan memanas. Pasalnya, hajatan politik lokal kali ini, tidak hanya akan menjadi arena pertarungan merebut tahta kekuasaan, namun rebutan mesin politik serta tinta emas (tanda tangan-red) dari Ketua Umum (Ketum) Partai di internalnya mulai tersajikan.

Pemerhati politik Sulteng Rudy Afriyanto menilai, mulai terjadi adanya “perang” klaim rekomendasi antara dua politikus Partai Amanat Nasional (PAN), yakni antara Wakil Gubernur Sulteng Rusli Dg Palabbi dengan Wakil Wali Kota Palu Sigit ‘Pasha’ Purnomo Said. Hal ini tentu saja akan meningkatkan turbulensi politik di kalangan kader dan simpatisan masing-masing.

Baca Juga:

Karena harus diakui, bahwa kedua kader terbaik partai matahari terbit ini sedang berada di posisi puncak eksekutif. Sehingga tidak mengherankan jika tinta emas Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menjadi jadi rebutan antara Sigit Purnomo Said yang juga sebagai Wasekjen DPP PAN serta Rusli Dg Palabbi yang juga menjabat sebagai Sekertaris DPW PAN Sulteng.

“Kita tunggu saja siapa dari kedua politukus partai besutan Amin Rais ini yang akan direkomendasi,” kata Rudy Afriyanto kepada JurnalNews.id di Palu, Kamis (21/11/2019).

Menariknya lagi tambah Rudy, kedua tokoh terbaik di Sulteng ini, sama-sama telah mengantongi rekomendasi calon Kepala Daerah dari DPP PAN untuk membangun komunikasi dan mencari dukungan dari parta-partai yang memiliki kursi di DPRD Sulteng. Sebab disadari jika PAN sendiri, hanya memiliki dua kursi.

Sementara persyaratan kandidat untuk bisa ikut bertarung di arena Pilgub Sulteng harus bisa mendapat dukungan sembilan kursi di Parlemen.

“Makanya Sigit dan Rusli diberikan waktu serta kesempatan untuk membangun koalisi dan dukungan partai-partai lain,” kata Rudy Afriyanto.

Loading…

Ia meyakini Pilkada Sulteng mendatang bakal berlangsung sengit dan memanas. Karena hajatan politik kali ini, bukan hanya menjadi ajang pertarungan para elit politik tetapi akan melibatkan kekuatan besar.

Sebelumnya Wasekjen DPP PAN Sigit Purnomo Said (SPS) telah mendeklarasikan diri akan maju dalam kontestasi Pilkada Sulteng. Makanya selain melakukan safari politik, vokalis Band Ungu ini telah mendaftar di beberapa partai politik, diantaranya, Partai Golkar, Perindo, PAN dan PKB.

SPS sendiri mengaku telah siap lahir bathin, karena telah mendapat restu dan perintah dari Ketum PAN Zulhas, seperti surat DPP PAN Nomor 05/PILKADA/IX/2019 yang merekomendasikan dirinya sebagai calon gubernur/wakil gubernur Sulteng periode 2020-2025.

Ia juga mengaku, mendapat dukungan dari pelbagai pihak, termasuk dukungan dari rekan-rekannya sesama artis dan anak band.

Hal senada diungkapkan Sekretaris DPW PAN Sulteng Rusli Dg Palabbi. Ia juga mengaku siap mempertahankan posisi Wakil Gubernur yang saat ini dijabatnya.

Sebagai seorang politisi, tentu keinginan untuk kembali menempati posisi Wagub ke depan yang menjadi harapan sebagian masyarakat Sulteng yang memberikan doa dan dukungan.

“Namun untuk berpasangan dengan siapa, saya belum bisa memastikan,” ujarnya, usai membuka Uji Kompetensi wartawan (UKW), di Palu, Senin (18/11/2019).

Yang jelas tambahnya, upaya untuk mempertahankan posisi Wagub Sulteng sudah dilakukan dengan mendaftarkan diri ke sejumlah partai politik diantaranya Partai Golkar, Perindo, PAN, dan PKS. Bahkan dalam waktu dekat, dirinya juga akan mendaftar ke PPP, Demokrat, Hanura termasuk PKB.

Apalagi kata Rusli, dirinya telah mengantongi rekomendasi DPP PAN untuk maju di Pilkada 2020.

“Saya juga telah mendapatkan rekomendasi PAN sesuai surat nomor 24/Pilkada/X/2019 yang ditandatangani Tim Pilkada Pusat DPP PAN Yandri Susanto dan Viva Yogi Mauladi,” pungkas mantan anggota DPRD Sulteng ini. [***]

Penulis; Agus Manggona

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA