Empat Desa di Kabupaten Sigi Diterjang Banjir

  • Whatsapp
Dampak banjir yang terjadi di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, pada Sabtu (8/8/2020) malam. [Ist/SultengNews]
Bagikan Artikel Ini

Sigi, JurnalNews.id – Sebanyak empat desa di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) diterjang banjir pada Sabtu (8/8/2020) malam. Keempat desa yang dilanda banjir akibat hujan deras itu yakni Desa Bolapapu, Salua di Kecamatan Kulawi, Desa Tuva, dan Omu di Kecamatan Gumbasa.

“Banjir di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi terjadi pada pukul 21.20 wita, yang diakibatkan intensitas hujan yang sangat tinggi,” ujar Humas Basarnas Palu, Fatmawati, Sabtu (8/8/2020) malam.

Baca Juga

Ia menyebutkan, infomasi yang diperoleh akibat banjir itu, setidaknya ada tujuh rumah yang berada di hulu sungai terdampak banjir, kemudian empat rumah diantaranya rusak berat dan tiga rumah terseret banjir.

“Korban jiwa sementara masih nihil, saat ini dua orang Babinsa sudah berada di tempat kejadian perkara (TKP),” katanya.

Sementara itu, salah satu warga Kulawi, Trio Darma juga membenarkan bahwa daerah Kulawi dan sekitarnya sedang terjadi banjir dan menyeret beberapa rumah warga.

Namun belum diketahui pasti apakah ada korban jiwa atau belum, karena masih dalam keadaan panik akibat banjir tersebut. Namun informasi awal, tidak ada korban sesuai informasi dari tempat kejadian.

“Saat banjir tadi, sebagian warga sudah di ungsikan ke bagian pertokoan dan sebagiannya lagi ke sekolah SD terdekat,” tandasnya.

Terpisah, Kasubag Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Andi Sembiring menyebutkan, selain Desa Bolapapu di Kecamatan Kulawi ada tiga desa lainnya di Kabuputen Sigi juga diterjang banjir yakni Desa Salua, Tuva, dan Omu.

“Dari info barusan yang kami dapatkan, untuk di Desa Salua, Tuva dan Omu sudah meluap sampai ke jalan karena tanggul yang di atas sudah jebol,” ujar Andi Sembiring, Minggu (9/8/2020).

Diungkapkan, saat ini pihaknya belum mendapat informasi lagi, karena tim yang dikirim untuk merespon di lapangan belum memberikan laporan.

Andi mengatakan, sekarang masyarakat sudah ada yang keluar dari rumah, karena air sudah meluap ke jalan. Namun untuk info yang lebih detailnya, belum diterima dan masih menunggu dari tim lapangan langsung.

“Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sulteng yang sudah dikirim dengan motor trail, sekaligus akan menyisir ke desa yang terdampak banjir seperti di Desa Bolapapu, Salua, Tuva dan Omu, karena dibantu juga dari BPBD Kabupaten Sigi,” katanya.

Dia juga menambahkan, untuk jaringan sampai saat ini komunikasi dengan tim di lapangan tidak mengalami kendala seperti gangguan jaringan, sehingga dirinya masih terus melakukan kordinasi kepada tim yang berada di lapangan.

“Untuk jaringan, masih ada melalui SMS,” tutupnya yang dilansir SultengNews jejaring JurnalNews. [***]
Editor: Sutrisno

Berita Terkait

Google News