Empat Desa di Morowali Utara Terendam Banjir

  • Whatsapp
Empat desa di Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morut Provinsi Sulteng terendam banjir, Senin (4/5/2020). [BPBD]
Bagikan Artikel Ini
  • 266
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Sebanyak empat desa di Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terendam banjir, akibat hujan deras yang melanda wilayah itu pada Senin (4/5/2020).

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Morut menyebutkan, banjir merendam Desa Ungkea, Desa Towara Pantai, Desa Mohoni dan Desa Peboa, Kecamatan Petasia Timur, sejak Pukul 07.00 Wita.

Baca Juga

Disebutkan, banjir terjadi akibat meluapnya sungai Tambalako hingga menggenangi pemukiman warga. Ketinggian air yang menggenangi jalan raya dan pemukiman warga di wilayah itu mencapai 150 cm.

Bahkan di wilayah Desa Towara Pantai, banjir juga mneyebabkan jebolnya tanggul tanah sepanjang 100 meter.

Adapun rincian jumlah rumah yang tergenang banjir yakni, di Desa Ungkea 65 unit, Desa Mohoni 30 unit, Desa Peboa 17 unit, dan Desa Towara Pantai 40 unit.

Sementara fasilitas umum yang terdampak banjir, yakni di Desa Ungkea Gedung Paud 1 unit, TK 1 unit, Mesjid 1 unit, Pustu 1 unit, Kantor Desa, Balai Desa dan jalan raya sepanjang 3 Km.

Di Desa Mohoni TK 1 unit, SD 1 unit, Gereja 2 unit, Pustu 1 unit. Di Desa Towara Pantai Mesjid 1 unit, Pustu 1 unit, Kantor Desa 1 unit, Balai Desa 1 unit, dan jalan taya sepanjang 1,3 Km

Akibat kejadian ini sebanyak 45 jiwa dilaporkan mengungsi ke rumah kerabat mereka yang bebas dari terjangan banjir.

BPBD Kabupaten Morowali Utara telah berkoordinasi dengan aparat Desa terdampak, serta melakukan pendataan.

Dilaporkan, warga terdapat bencana sangat membutuhkan pasokan logistik dan air bersih. Dimana sejumlah pipa yang mengaliri air ke rumah warga terputus akibat banjir. [***]

Editor: Sutrisno/*

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News