Enam Cara Menikmati Liburan dengan Sehat

[Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 49
    Shares

JurnalNews.id – Libur panjang merupakan momen yang tepat untuk menghabiskan dan menikmati waktu bersama keluarga teman dan orang terkasih. Momen libur panjang juga dapat dimanfaatkan untuk beristirahat dan merefleksikan kehidupan.

Setiap orang tentu memiliki rencana yang beragam dalam menghabiskan waktu libur panjang masing-masing. Terlepas dari rencana liburan yang dimiliki, menjaga kesehatan selama liburan tetap menjadi hal penting yang tak boleh dilupakan.

Selama menjalani libur panjang, setidaknya ada enam hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Berikut ini adalah keenam hal tersebut seperti dilansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Sering Mencuci Tangan
Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan seseorang untuk menghindari penyakit hingga paparan kuman. Cuci tangan dengan sabun setidaknya 20 detik dan bilas dengan air yang mengalir.

Selain itu, jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu bila batuk atau bersin. Bila tak ada tisu, gunakan siku bagian dalam tangan.

Tetap Hangat
Suhu yang dingin dapat memicu beberapa masalah kesehatan, khususnya pada bayi dan lansia. Karena itu, pastikan mengenakan baju yang hangat bila menjalani liburan di wilayah yang dingin.

Loading...

Kelola Stres
Masa liburan bukan berarti bebas dari kemungkinan adanya stres. Pengelolaan stres perlu dilakukan agar masa liburan dapat dilewati dengan baik dan menyenangkan.

Pastikan meluangkan waktu untuk merelaksasi diri dan memiliki pandangan yang positif. Jangan lupa untuk tetap mendapatkan tidur yang cukup selama masa libur panjang.

Aman Berpergian
Bila ingin berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, pastikan perjalanan yang akan dilalui aman. Jangan berkendara dalam keadaan mengantuk atau di bawah pengaruh alkohol.

Gunakan sabuk pengaman setiap kali berkendara dengan mobil. Bila membawa anak-anak di mobil, pastikan anak duduk dalam posisi yang aman dengan sabuk pengaman yang sesuai usia, tinggi dan berat anak tersebut.

Bebas Rokok
Saat menjalani liburan, jauhkan kebiasaan merokok. Kebiasaan ini tak hanya dapat merugikan diri sendiri tetapi juga dapat membuat orang di sekitar ikut terpapar asap rokok dan menjadi perokok pasif.

Pemeriksaan Kesehatan dan Vaksinasi
Libur panjang juga memberi waktu luang bagi seseorang untuk ke dokter dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Vaksinasi juga dapat dilakukan saat libur panjang, terlebih bila berencana untuk pergi ke luar negeri.

Tanyakan kepada petugas kesehatan mengenai vaksinasi atau pemeriksaan kesehatan yang sesuai dengan usia, gaya hidup, rencana berpergian, riwayat kesehatan dan riwayat keluarga.[***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA